facebook

5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan, Dipercaya Ampuh Menjaga Berat Badan

ALIMMUL FATTAH
5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan, Dipercaya Ampuh Menjaga Berat Badan
Ilustrasi Buah dan Minyak zaitun (pixabay)

Sebagai umat muslim tentu sering mendengar tentang buah zaitun. Buah zaitun beberapa kali disebutkan dalam Al-Qur'an, dan tentunya memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Buah zaitun biasanya dijadikan minyak. Minyak zaitun bisa digunakan untuk memasak, merawat kecantikan wajah, dan memberi nutrisi pada rambut. 

Merangkum dari hallosehat dan Alodokter, minyak zaitun mempunyai berbagai macam kandungan, di antaranya ada nutrisi, vitamin, mineral, dan senyawa organika termasuk zat besi, serat, tembaga, vitamin E, senyawa fenolik, asam oleat, dan berbagai antioksidan. Berikut adalah 5 manfaat minyak zaitun yang perlu kamu coba dan rasakan.

1. Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat yang pertama adalah mengontrol tekanan darah. Studi menyatakan bahwa setiap orang yang mengonsumsi minyak zaitun sebanyak 40-60 ml per hari, terbukti dapat mengontrol tekanan darahnya. Hal ini diduga berkat kandungan antioksidan dan asam lemak sehat yang membuat pembuluh darah lebih rileks.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Buah zaitun dapat mengontrol tekanan. Oleh sebab itu, pasti buah zaitun juga dapat menurunkan kadar kolesterol. Hal ini dapat dilakukan dengan mengganti asupan minyak jenuh dengan minyak yang berasal dari buah zaitun. Selain minyak zaitun, minyak kanola dan minyak kelapa murni juga memiliki manfaat yang sama.

3. Menjaga Berat Badan

Sulitnya menjaga berat badan kerap dieluhkan, terutama oleh para wanita. padahal sudah menjalani diet ini dan itu. Apabila seperti itu, minyak zaitun bisa menjadi solusi. Minyak zaitun baik dikonsumsi oleh orang yang sedang diet. Dipercaya baik bagi yang ingin menjaga berat badan agar tetap ideal. Namun, untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, harus tetap melakukan olahraga rutin dan mengonsumsi makanan rendah kalori.

4. Melembabkan Kulit Kering

Minyak zaitun juga mampu mengunci kelembapan kulit. Sehingga, sering digunakan untuk perawatan kulit kering. Bisa digunakan dengan dioleskan ke bagian wajah, tangan, maupun kaki.

5. Mengatasi Sembelit.

Selain 4 khasiat di atas, ada satu lagi manfaat minyak zaitun, yaitu mengatasi sembelit. Minyak zaitun dapat dikonsumsi karena membantu melunakan feses sehingga akan lebih mudah untuk dikeluarkan, sehingga tidak terjadi lagi yang namanya sembelit.

Masih sangat banyak sekali manfaat minyak zaitun ini. Sudah pernah merasakan manfaatnya sebelumnya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak