facebook

4 Manfaat Jahe untuk Kesehatan, Bisa Redakan Nyeri Haid hingga Anti Penuaan!

Keza Felice
4 Manfaat Jahe untuk Kesehatan, Bisa Redakan Nyeri Haid hingga Anti Penuaan!
Ilustrasi jahe (Pixabay)

Jahe merupakan salah satu jenis tanaman herba yang sering kali digunakan untuk mengatasi berbagai konsisi, mulai dari batuk, mual, nyeri akibat kanker, hingga nyeri sendi. Jahe sendiri sebenarnya masih berkerabat dengan jahe merah dan kencur.

Di Indonesia sendiri, tanaman jahe sering dikonsumsi sebagai bumbu masakan dan diolah menjadi aneka minuman tradisional, seperti teh jahe, sekoteng, bajigur, dan bandrek.

Tanaman herbal ini mempunyai senyawa kimia yang dipercaya dapat bereaksi positif di dalam lambung dan juga usus, sehingga dipercaya mampu mengurangi rasa mual dan juga nyeri.

Senyawa itu juga diduga dapat bekerja baik di sistem saraf dan otak guna meredam rasa mual. Merangkum dari Alodokter dan Hallodoc, berikut empat manfaat jahe untuk kesehatan.

1. Mencegah Morning Sickness

Morning sickness kerap kali menyebabkan mual dan muntah bagi perempuan saat di awal masa kehamilannya. Beruntungnya, mual ini bisa dikurangi dengan mengonsumsi jahe. Akan tetapi perlu diingat kalau ibu hamil tidak diperbolehkan mengonsumsi sembarang obat, termasuk obat-obatan tradisional dan obat herba.

Oleh sebab itulah, sebaiknya ibu hamil berkonsultasi dengan bidan ataupun dokter sebelum mengonsumsi jahe untuk meredakan mual akibat morning sickness.

2. Meredakan Pusing

Kepala yang terasa pusing bisa membuat Anda kehilangan keseimbangan dan konsentrasi, penglihatan menjadi berkunangan-kunang, bahkan bisa juga disertai dengan rasa mual berlebih.

Gejala pusing yang disertai dengan mual biasanya dapat diatasi dengan mengonsumsi wedang jahe, karena kandungannya dipercaya dapat digunakan sebagai obat sakit kepala.

3. Meredakan Nyeri Haid

Dengan rutin mengonsumi air jahe bisa membantu dalam mengurangi nyeri yang terjadi ketika wanita sedang haid atau menstruasi. Sejumlah penelitian juga membuktikan bahwa jahe yang dikonsumsi bisa membantu meredakan nyeri saat hendak datang bulan atau ketika sedang menstruasi. Bahkan, manfaat dari jahe disebut jauh berbeda dengan obat asam mefenamat dan ibuprofen.

Untuk memperoleh manfaat jahe yang satu ini, cobalah untuk mengonsumsi airnya setidaknya empat gelas. Minumlah air jaghe selama dua hari pada masa awal menstruasi. Ini akan membantu dalam mengurangi dan menenangkan rasa nyeri pada perut. 

4. Anti Kanker dan Anti Penuaan

Jahe mempunyai sifat sebagai anti-inflmasi serta anti-oksidatif yang bisa mengendalikan proses penuaan lho. Manfaat lainya dari tanaman herba ini ialah mempunyai potensi antimikroba yang bisa membantu untuk proses pengobatan penyakit menular.

Selain itu, jahe juga bermanfaat untuk mecegah berbagai jenis kanker. Meski demikian, manfaat jahe untuk kanker masih memerlukan penelitian lebih lanjut sebelum mengklaim kemanjurannya.

Itulah empat manfaat jahe bagi kesehatan tubuh yang bisa Anda peroleh ketika mengonsumsinya dengan rutin. Namun demikian, sebaiknya Anda juga tetap menerapkan pola hidup sehat untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Apabila Anda mempunyai keluhan medis tertentu, tak ada salahnya bila Anda melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi jahe.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak