facebook

Selain Benjolan, Ini 5 Gejala yang Bisa Mengindikasi Kanker Payudara

Kak Ay
Selain Benjolan, Ini 5 Gejala yang Bisa Mengindikasi Kanker Payudara
Ilustrasi kanker payudara.[Anna Tarazevich/Pexels]

Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang patut diwaspadai pria dan wanita. Biasanya, gejala kanker ini yang paling umum diketahui adalah adanya benjolan di area payudara. Walau begitu ada juga yang tidak menunjukkan gejala apa-apa, lho.

Namun, tahukah kamu kalau selain benjolan, ada gejala lain yang bisa merujuk pada kanker payudara? Dilansir dari Medical News Today dan The Healthy, berikut lima gejala lain yang bisa mengindikasi kanker payudara!

1. Perubahan tekstur kulit

Meskipun tidak umum, perubahan tekstur kulit di area sekitar payudara bisa merujuk pada gejala kanker payudara, lho. Perubahan tekstur kulit ini meliputi: 

  • Kulit bersisik di sekitar puting. Kondisi ini biasanya seperti kulit terbakar dan kulit yang sangat kering 
  • Terjadi penebalan kulit di area payudara. Perubahan tekstur kulit ini juga biasanya disertai rasa gatal. Gejala seperti ini bisa juga merujuk pada jenis kanker payudara langka yang bernama paget.

Selain itu,  kondisi kulit payudara, seperti kemerahan, bengkak, dan muncul ruam tanpa penyebab yang jelas mungkin adalah gejala awal kanker. Oleh karena itu, pemeriksaan lebih lanjut ke dokter diperlukan untuk mendapatkan diagnosis akurat.

2. Keluar cairan dari puting

Keluarnya cairan dari puting mungkin tidak merupakan masalah besar bagi wanita yang sedang menyusui. Namun, jika cairan keluar dari puting secara spontan dan berwarna kehijauan dan kekuning-kuningan, hal ini bisa menjadi masalah dan bukan tak mungkin sebagai gejala kanker payudara.

Walaupun tak selamanya keluarnya cairan dari puting sebagai indikasi kanker payudara, makanya pemeriksaan ke dokter perlu dilakukan jika mengalami hal ini. Beberapa kemungkinan lain keluarnya cairan dari puting adalah:

  • Infeksi payudara
  • Efek samping pil KB
  • Efek samping obat-obatan tertentu
  • Kondisi medis tertentu, seperti tiroid

3. Lesung kulit

Lesung kulit atau kondisi kulit berlubang di area payudara juga bisa jadi tanda gejala kanker payudara. Kondisi lesung kulit ini terjadi karena adanya penumpukan cairan getah bening di payudara, yang disebabkan oleh sel kanker. Para dokter menyebut lesung kulit ini menyerupai permukaan kulit jeruk.

4. Pembengkakan kelenjar getah bening

Kelenjar getah bening peran dalam membantu sistem kekebalan tubuh melawan benda-benda asing, seperti virus, bakteri, termasuk sel kanker. Jika sel kanker menginfeksi payudara, hal ini bisa menimbulkan pembengkakan di kelenjar getah bening sekitar ketiak dan tulang selangka. Namun, pembengkakan sel kelenjar getah bening tak selamanya berkaitan dengan kanker payudara. Ada juga kondisi tertentu yang memicu pembengkakan.

5. Perubahan bentuk dan ukuran payudara

Perubahan bentuk dan ukuran payudara biasanya terjadi karena penambahan berat badan, perubahan siklus menstruasi, dan kehamilan. Akan tetapi, jika bentuk dan ukuran payudara berubah secara tiba-tiba dan bukan karena faktor umum, ini bisa jadi merupakan gejala awal kanker payudara. 

Pemeriksaan lebih lanjut ke dokter pun sangat penting dilakukan. Selain itu, memperhatikan perubahan payudara sebelum dan sesudah siklus menstruasi juga penting untuk memastikan kondisi payudara dalam keadaan baik.

Itu dia beberapa gejala kanker payudara selain benjolan, yang umum diketahui. Jika mengalami keanehan pada payudara seperti penjelasan di atas, sangat dianjurkan untuk segera memeriksakan diri ke dokter ahli.

Sumber referensi artikel:

https://www.medicalnewstoday.com/articles/322832#breast-or-nipple-pain

https://www.thehealthy.com/breast-health/breast-cancer-symptoms-that-arent-lumps/

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak