facebook

6 Makanan yang Dapat Memperpanjang dan Menyehatkan Bulu Mata

Kak Ay
6 Makanan yang Dapat Memperpanjang dan Menyehatkan Bulu Mata
Ikan Salmon (Pexels/Valeria Boltneva)

Bulu mata menjadi salah satu bagian kecil pada tubuh, namun punya dampak bagi kesehatan yakni melindungi mata dari debu dan kotoran, serta memperindah penampilan, terkhusus wajah.

Bagi kamu yang ingin bulu matanya tebal dan sehat, ada beberapa makanan yang mampu memperpanjang bulu mata dan membuatnya tetap kuat dan anti rontok.

Penasaran, ya? Melansir dari brightside.me dan thelashlounge.com, berikut makanan yang dapat memperpanjang dan menyehatkan bulu mata.

1. Telur

Telur menjadi makanan favorit dan anti ribet saat lapar melanda. Selain rasanya yang nikmat jika diolah, telur juga punya banyak manfaat, lho, salah satunya bisa membantu memperpanjang bulu mata.

Rambut dan bulu mata mengandung keratin. Keratin diproduksi dari sejumlah asam amino dalam protein. Mengonsumsi telur yang kaya protein ini membuat bulu mata jadi kuat dan lebih panjang.

2. Salmon

Kandungan omega-3 serta vitamin D dan vitamin B ternyata berdampak bagus bagi bulu mata. Omega-3 membantu melindungi bulu mata dari kerusakan, sedangkan vitamin D dan B berguna mencegah bulu mata menjadi rapuh bahkan rontok.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung omega-3 dan vitamin E. Kerja sama kedua komponen ini membantu meningkatkan aliran darah dan oksigen ke folikel rambut, termasuk bulu mata. Ini membuat folikel rambut makin kuat, yang mana nantinya berdampak pula pada makin kuat dan cepatnya pertumbuhan bulu mata.

Selain kacang-kacangan, alpukat juga bisa membantu karena mengandung vitamin E.

4. Buah-buahan dan sayuran

Tentu kita tahu bahwa sayuran dan buah-buahan banyak mengandung vitamin dan mineral. Di antaranya yang paling banyak adalah vitamin A dan C. Kedua vitamin ini berkontribusi dalam pembentukan kolagen dan pertumbuhan bulu mata. 

Selain itu, pada kulit buah dan sayuran, terkandung mineral bernama silika yang dapat membantu memperpanjang dan menyehatkan bulu mata, lho.

5. Jamur

Mengandung vitamin B3, jamur bermanfaat juga dalam pertumbuhan bulu mata. Vitamin B3 dalam jamur dipercaya melancarkan sirkulasi darah dan membentuk keratin, komponen yang ada dalam bulu mata. Mengonsumsi jamur dengan cukup mampu memperpanjang bulu mata dan melindungi dari kerontokan.

6. Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh atau yang umum dikenal whole grains merupakan biji-bijian yang dikonsumsi tanpa proses pengolahan lebih lanjut. Biji-bijian seperti ini bisa kamu temukan dalam beberapa makanan, salah satunya roti gandum. 

Biji-bijian utuh mengandung vitamin B6 dan besi yang mampu membuat bulu mata lebih sehat, cepat tumbuh, dan terhindar dari kerontokan.

Itu dia beberapa makanan yang mampu memperpanjang sekaligus menyehatkan bulu mata. Jika ingin bulu mata lebih sehat dan lentik, wajib nih konsumsi makanan-makanan di atas dengan cukup dan teratur.

Itu dia beberapa makanan yang mampu memperpanjang sekaligus menyehatkan bulu mata. Jika ingin bulu mata lebih sehat dan lentik, wajib nih konsumsi makanan-makanan di atas dengan cukup dan teratur.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak