facebook

5 Makanan yang Aman di Konsumsi oleh Penderita Diabetes

Calvin Vadero
5 Makanan yang Aman di Konsumsi oleh Penderita Diabetes
Ilustrasi makanan ( Foto : Unsplash.com/calvin)

Diabetes adalah penyakit kronis yang terjadi baik ketika pankreas tidak menghasilkan cukup insulin atau ketika tubuh tidak dapat secara efektif menggunakan insulin yang dihasilkannya. Insulin mengatur gula dalam aliran darah. Jadi tanpa itu, kadar gula darah menjadi terlalu tinggi.

Diet merupakan salah satu cara untuk menjaga kadar gula darah tetap terkendali. Tapi itu juga bisa melakukan kebalikannya, dengan beberapa makanan menyebabkan lonjakan besar kadar gula darah, kadang-kadang selama berjam-jam.

Tidak ada pendekatan satu ukuran untuk semua untuk makan dengan diabetes, tetapi ada beberapa tip umum yang dapat diikuti oleh kebanyakan orang dengan kondisi tersebut. Ini akan membantu menjaga kadar gula darah tetap terkendali, menjaga berat badan tetap sehat, dan mengurangi risiko komplikasi, seperti penyakit jantung atau ginjal.

Berikut 4 makanan yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes:

1. Telur

Terbukti bahwa orang yang mengonsumsi telur secara teratur lebih baik dalam mengendalikan nafsu makannya. Fakta menarik lainnya adalah orang yang terdiagnosis diabetes tipe 2 juga bisa menikmati telur tanpa rasa takut akan peningkatan kolesterol.

Telur memberi tubuh protein murni dan asam amino. Telur penuh dengan nutrisi penting dan merupakan mitos bahwa mengonsumsi kuning telur berbahaya. Aman untuk makan satu atau dua telur per hari. Akhirnya, seperti kebanyakan makanan yang disebutkan di atas, telur terjangkau dan dapat ditemukan di toko mana pun.

2. Alpukat

Tidak semua makanan yang kaya dan creamy buruk bagi saluran pencernaankamu. Alpukat adalah salah satunya. Makanan super hijau ini dikemas dengan lemak tak jenuh tunggal. Disadur dari wmnlife.com, jika dikonsumsi dengan makanan lain, itu mencegah gula darah naik setelah makan. Lebih dari itu, asam lemak yang ditemukan dalam alpukat membalikkan dampak resistensi insulin.

3. Ikan

Setiap orang harus makan setidaknya dua porsi ikan dalam seminggu, termasuk satu porsi ikan berminyak, saran kepala kesehatan. Ikan berminyak termasuk salmon, sarden, dan mackerel. Disadur dari thesun.co.uk, ikan-ikan ini  kaya akan sesuatu yang disebut minyak omega-3, yang membantu melindungi jantung kamu.

Bagi penderita diabetes, ikan mungkin merupakan cara mudah untuk melindungi diri dari penyakit ginjal, yang terlihat pada tingkat yang lebih tinggi di antara mereka yang memiliki kondisi tersebut.

Sekitar satu dari tiga orang dewasa dengan diabetes memiliki penyakit ginjal. Sebuah studi tahun 2008 yang diterbitkan dalam American Journal of Kidney Diseases menemukan bahwa asupan ikan yang lebih besar mengurangi tingkat mikroalbuminuria-ekskresi albumin dalam urin. Mikroalbuminuria mungkin menjadi penkamu masalah ginjal pada penderita diabetes.

4. Ubi jalar

Jika kamu menderita diabetes, kamu mungkin pernah mendengar bahwa kamu perlu memperhatikan asupan karbohidrat kamu. Untuk penderita diabetes tipe 1, ada baiknya makan beberapa karbohidrat setiap kali makan karena jika tidak, kadar gula darah bisa menjadi terlalu rendah. Mereka dapat memiliki karbohidrat sebanyak yang mereka suka asalkan sesuai dengan insulin mereka.

Mereka yang menderita diabetes tipe 2 harus mendapatkan sekitar setengah kalori dari karbohidrat. Tapi, tidak seperti penderita diabetes tipe 1, mereka aman untuk mencoba diet rendah karbohidrat untuk menurunkan berat badan.

Kentang adalah karbohidrat yang berarti mereka akan meningkatkan kadar gula darah. Mereka memiliki GI sedang hingga tinggi. Namun, ubi jalar lebih rendah GI daripada putih. Labu, labu, wortel, dan parsnip juga merupakan alternatif yang baik.

Disadur dari thesun.co.uk, ubi jalar tinggi serat, yang membantu melepaskan gula ke dalam aliran darah lebih lambat. Memanggang atau merebus kentang terlalu lama juga bisa meningkatkan GI-nya. Mendinginkan kentang setelah dimasak dapat menurunkan GI. Ini berarti salad kentang mungkin lebih baik untuk penderita diabetes daripada satu porsi kentang goreng.

5. Jambu biji

Daftar buah-buahan paling eksotis termasuk jambu biji. Buah ini dikenal memiliki khasiat khusus yang dapat membantu kamu memerangi diabetes. Ilmuwan Taiwan telah memperkirakan bahwa jambu biji yang dikupas dapat menurunkan penyerapan gula. Buah ini juga kaya akan vitamin C–senyawa organik yang memperbaiki sel-sel yang rusak.

Itulah beberapa makanan yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak