facebook

5 Manfaat Biji Pepaya untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Memiliki Sifat Antikanker

Eunoia Yahya
5 Manfaat Biji Pepaya untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Memiliki Sifat Antikanker
Ilustrasi pepaya. (Shutterstock)

Buah pepaya atau yang memiliki nama binomial Carica papaya L merupakan satu-satunya jenis dalam genus Carica, yang diperkirakan berasal dari Meksiko bagian selatan dan utara Amerika Selatan. Namun, sekarang sudah banyak dibudidayakan luas, bahkan hampir di seluruh daerah tropis.

Sayangnya, sebagai orang yang menyukai pepaya masih membuang begitu saja bijinya dan hanya memakan daging buahnya saja. Padahal, dalam biji pepaya juga terdapat banyak kandungan mikronutrien esensial, serta polifenol, dan flavonoid. Dua senyawa yang bertindak sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas dan mencegah stres oksidatif.

Selain itu, biji pepaya juga mengandung serat yang cukup tinggi, serta asam lemak tak jenuh tunggal yang sehat, termasuk asam oleat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol trigliserida dan very low-density lipoprotein (VLDL), serta memiliki serat cukup tinggi.

Disadur dari healthline, berikut lima manfaat biji pepaya yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Sama seperti daging buahnya yang mengandung serat, biji pepaya juga memiliki kandungan serat  tinggi. Kandungan ini dapat membantu meningkatkan keteraturan buang air besar dan mencegah penyakit radang usus, meredakan gejala wasir, dan mencegah pembentukan tukak usus.

2. Memiliki sifat antikanker

Sebuah penelitian tahun 2014 yang diterbitkan dalam Nutrition and Cancer membuktikan bahwa biji pepaya memiliki sifat antikanker. Sebab kandungan nutrisi dan antioksidannya yang tinggi, sehingga dapat membantu mengurangi peradangan dan melindungi tubuh dari perkembangan sel kanker.

3. Melindungi fungsi ginjal

Ginjal memiliki peran integral dalam kesehatan Anda, yang bertugas sebagai filter cairan yang masih diperlukan dalam tubuh dan membuang kelebihannya. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa biji pepaya dapat melindungi serta menjaga kesehatan dan fungsi ginjal Anda.

Kandungan antioksidan yang tinggi dapat membantu memblokir kerusakan oksidatif pada sel-sel ginjal. Namun, penelitian ini masih memerlukan pengembangan yang lebih lanjut lagi.

4. Membantu melawan infeksi

Manfaat biji pepaya untuk kesehatan selanjutnya adalah dapat menghancurkan beberapa jenis jamur dan parasit. Ekstrak biji pepaya juga efektif melawan tiga jenis jamur, termasuk patogen spesifik yang menyebabkan infeksi jamur.

Mengonsumsi ramuan yang terbuat dari ekstrak biji pepaya dan madu ternyata secara signifikan juga lebih efektif membunuh parasit usus daripada plasebo, sehingga dapat melancarkan kerja usus.

5. Menghilangkan uban

Tak hanya untuk kesehatan tubuh, ternyata manfaat biji pepaya juga baik untuk rambut, lho. Anda dapat menggunakan biji pepaya kering yang sudah dihaluskan dengan cara ditumbuk untuk keramas dengan air bersih setiap saat mandi. Cara ini dipercaya bisa membantu menghilangkan uban pada rambut.

Itulah lima manfaat biji pepaya untuk kesehatan yang jarang diketahui. Namun perlu diingat, biji pepaya juga memiliki efek samping jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Terbukti ekstrak biji pepaya dapat mengurangi jumlah dan motilitas sperma, sehingga dapat menyebabkan kondisi azoospermia.

Beberapa orang di wilayah tertentu telah memanfaatkan biji pepaya sebagai kontrasepsi alami untuk mengontrol kesuburan yang bebas akan efek samping. Sebab, setelah konsumsi biji pepaya dalam jumlah yang banyak dihentikan, maka kesuburan bisa kembali normal hanya dalam jangka 45 hari setelahnya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak