facebook

Ternyata Bisa Dimakan, Inilah 5 Manfaat Biji Pepaya

Anang wan
Ternyata Bisa Dimakan, Inilah 5 Manfaat Biji Pepaya
Ilustrasi buah pepaya.[Piqsels]

Buah pepaya cukup digemari oleh banyak orang, karena buah ini memiliki rasa yang manis dan segar. Tapi sayang, tidak sedikit orang yang mengkonsumsi daging buahnya saja, dan melewatkan khasiat baik dari biji pepaya.  Apakah biji berwarna hitam pekat ini bisa dimakan? Apa manfaatnya? berikut penjelasannya.

Apakah biji pepaya aman untuk dimakan?

Sama halnya dengan daging buahnya, biji pepaya juga aman untuk dikonsumsi. Bahkan, biji pepaya mengandung berbagai mikronutrien esensial yang dilengkapi dengan tinggi polifenol dan flavonoid. Kedua kandungan ini adalah senyawa fitokimia alami pada tanaman yang berperan sebagai antioksidan.

Selain itu, biji pepaya juga mengandung sejumlah besar asam lemak tak jenuh tunggal yang pastinya aman dan sehat untuk dimakan. Satu lagi, kandungan serat nya sudah tak perlu diragukan lagi sehingga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol tubuh.

Berikut adalah beberapa manfaat dari mengkonsumsi biji pepaya, yang disadur dari laman hellosehat.

1. Melindungi fungsi ginjal

Ginjal adalah organ yang berfungsi untuk menyaring cairan yang masih dan tidak diperlukan lagi dalam tubuh. Dan uniknya, biji pepaya dipercaya mampu melindungi dan menjaga kesehatan serta fungsi ginjal.

Dilansir dari penelitian yang dimuat dalam African Health Sciences, tikus yang diberi ekstrak biji pepaya memiliki ginjal yang terhindar dari kerusakan akibat paracetamol.

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Tak jauh berbeda dengan buahnya, biji pepaya juga sumber serat yang baik. Seperti yang kita tahu bahwa asupan serat sangat penting demi menjaga kesehatan pencernaan kita. Sehingga, Anda akan lebih mudah buang air besar dan terhindar dari sembelit.

3. Mengurangi rIsiko kanker

Manfaat berikutnya dari biji pepaya adalah bisa mengurangi risiko tumbuhnya sel-sel kanker. Penelitian yang terbit di tahun 2014 dalam Nutrition and Cancer membuktikan hal ini. Bahwa biji pepaya memiliki sifat antikanker berkat nutrisi dan antioksidan yang dikandungnya.

4. Melawan infeksi

Manfaat terakhir dari biji pepaya adalah dipercaya dapat melawan infeksi dari serangan jamur dan parasit tertentu. Dengan mengkonsumsi ekstrak biji pepaya ditambah dengan madu juga efektif untuk membunuh parasit yang bersarang di usus sehingga melancarkan kerja usus.

Namun, hindari makan biji pepaya yang terlalu banyak

Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, termasuk mengkonsumsi biji pepaya. Walaupun dinilai memiliki nutrisi dan manfaat baik untuk tubuh, tapi biji pepaya mengandung senyawa benzyl isothiocyanate. Yakni senyawa yang sering ditemukan pada tanaman hasil persilangan, yang dinilai baik untuk mencegah penyakit kanker.

Namun, jika mengkonsumsi tanpa batasan ditakutkan akan menjadi bumerang bagi kesehatan anda. Meliputi kerusakan struktur DNA mengganggu kerja sel sehat di dalam tubuh, menurunkan kualitas sperma, yang sudah terbukti pada sel-sel tubuh hewan.

Jika Anda masih ragu anda sebaiknya bertanya kepada ahlinya atau kepada dokter. Demikianlah penjelasan mengenai manfaat biji pepaya, semoga bermanfaat, dan Terima kasih.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak