facebook

Dianggap Sebelah Mata, Berikut 5 Manfaat Daun Binahong untuk Kecantikan

Anang wan
Dianggap Sebelah Mata, Berikut 5 Manfaat Daun Binahong untuk Kecantikan
Manfaat Daun Minahong

Daun binahong (bassela rubra) merupakan salah satu tanaman yang mudah ditemukan di Indonesia. Tanaman ini tumbuh merambat di area seperti pekarangan rumah.

Akan tetapi, banyak orang menganggap bahwa tanaman ini sebagai tanaman liar. Siapa sangka, tanaman yang dipandang sebelah mata ini memiliki manfaat yang baik untuk kecantikan.

Daun binahong mengandung kalsium, vitamin A, vitamin C, dan zat besi. Tak hanya itu, daun binahong juga mengandung protein yang cukup tinggi, yakni potasium, lutein, fosfor, dan beta karoten yang memiliki peran penting untuk kesehatan.

Selain itu, daun yang dianggap sebelah mata ini juga mengandung antioksidan, asam askorbat, serta senyawa fenolik yang dipercaya mampu melawan bakteri gram positif dan negatif yang rentan terhadap efek penghambat salah satu terapi nonfarmakologis acen vulgaris.

Berikut ini adalah beberapa manfaat daun binahong untuk kecantikan, dirangkum dari laman halodoc.

1. Mengencangkan kulit wajah

Sebagian besar orang terutama wanita pasti akan percaya diri jika memiliki kulit wajah yang kencang.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa memanfaatkan daun binahong. Cara mengolahnya pun cukup mudah, yakni merebus daun binahong, setelah itu kamu bisa meminum air rebusannya jika sudah dingin.

2. Menghilangkan komedo

Komedo yang muncul di wajah terkadang membuat orang menjadi kesal, terutama di bagian hidung. Mengapa? Karena mengganggu penampilan.

Kamu bisa mencoba daun binahong untuk masalah yang satu ini. Caranya dengan mencuci muka mengguanakan air rebusan daun binahong. Untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu bisa melakukannya 3 kali dalam sehari.

3. Menghaluskan kulit wajah

Kamu bisa memanfaat daun binahong untuk menghaluskan kulit wajah. Ambil 20 lembar daun binahong, lalu rebus dengan 500 mililiter air.

Tunggu air rebusan hingga dingin, lalu gunakan untuk mencuci muka. Untuk hasil yang optimal, kamu bisa melakukannya 2 kali dalam sehari, di pagi dan sore hari.

4. Mencerahkan wajah

Sebagian besar wanita pasti ingin memiliki kulit wajah yang cerah. Kamu bisa melakukannya dengan cara meminum air rebusan daun binahong. Tak hanya untuk kecantikan wajah, tapi juga menyehatkan tubuh.

5. Mengatasi jerawat

Cara pemakaiannya, tumbuk daun binahong dan gunakan sebagai masker wajah. Tunggu selama 10 menit lalu bilas dengan air sampai bersih. Kamu juga bisa merebus 8 lembar daun binahong dan meminum air rebusannya secara rutin. Lakukan sampai kondisi jerawat mereda.

Demikianlah beberapa manfaat daun binaohong, jika kalian masih ragu dengan artikel ini, kamu bisa bertanya ke ahlinya atau kunjungi situs halodoc untuk mendapatkan info lebih lanjut mengenai hal ini.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak