facebook

4 Tips Jitu Puasa Anti Lemas, Tubuh Bugar Sampai Waktu Berbuka

Annisa Zahrotun Nafiah
4 Tips Jitu Puasa Anti Lemas, Tubuh Bugar Sampai Waktu Berbuka
Ilustrasi Puasa Syaban 2022 Berapa Hari (Freepik)

Puasa adalah menahan lapar dan haus dari subuh hingga matahari terbenam. Walaupun berpuasa, tidak ada alasan untuk kita berdiam diri. Aktivitas sehari-hari haris tetap dijalani dengan normal. Biasanya orang akan lebih mudah lemas ketika berpuasa. Inilah 4 tips yang disadur dari sehatq, agar kamu kuat puasa dan menjalani harimu dengan semangat.

Tips Puasa Anti Lemas

1. Jangan lewatkan sahur

Untuk orang berpuasa, sahur sama halnya dengan sarapan. Selain keberkahan puasa ada pada sahur, sahur juga bisa mencegah tubuh lemas di siang hari. Asupan gizi yang tepat saat sahur, akan membuat tubuh lebih kuat dan berenergi

2. Makan makanan bergizi ketika buka dan sahur

Ketika berpuasa, waktu makan lebih singkat dari biasanya. Oleh karena itu, asupan yang masuk saat puasa juga harus diperhatikan. Hindari makanan yang banyak mengandung lemak. Lemak yang berlebihan saat puasa, membuat tubuh lebih cepat merasakan haus dan lemas. Berikut beberapa zat gizi yang bisa membuat tubuh tidak lemas saat puasa

  • Karbohidrat kompleks
    Karbohidrat adalah sumber energi utama. Dengan asupan karbohidrat yaang cukup, akan membuat tubuh kita semakin berenergi, sehingga tidak mudah lemas. Contoh makanan yang berkarbohidrat kompleks adalah beras merah, kacang-kacangan dan ubi. Tubuh membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencerna karbohidrat kompleks, sehingga kamu akan merasakan kenyang yang lebih lama juga.
  • Makanan tinggi serat
    Makanan jenis ini, juga memerlukan waktu yang sedikit lama untuk dicerna tubuh. Sehingga tubuh akan merasa kenyang lebih lama. Contoh makanan yang tinggi serat seperti gandum utuh, sayuran, buah, kurma, hingga biji-bijian
  • Makanan tinggi protein
    Protein membuat tubuh lebih bertenaga. Jadi, kamu tidak boleh melupakan untuk menambahkan makanan yang mengandung tinggi protein seperti ikan, telur, keju, daging ayam atau pun daging sapi.

3. Cukupi cairan tubuh

Salah satu pemicu tubuh mudah lemas adalah berkurangnya cairan tubuh. Ketika puasa, kita harus tetap mencukupi cairan tubuh. Maksimalkan asupan cairan ketika sahur dan berbuka. Cairan yang cukup, akan membuat tubuh lebih berenergi, tidak lemas dan mudah berkonsentrasi.

4. Olahraga ringan

Olahraga sering dilewatkan ketika berpuasa, dengan dalih akan semakin lemas. Justru dengan tubuh yang bugar, akan membuat badan lebih fit walaupun harus seharian berpuasa. Kamu bisa berjalan kaki keliling kompleks sembari menanti jam buka puasa. 

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar badan tidak mudah lemas saat puasa. Ingat juga, jangan makan berlebihan, baik ketika sahur ataupun berbuka. Karena hanya akan membuat tubuh kekenyangan dan merasa lemas. Semangat menjalankan ibadah puasa. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak