facebook

Memperingati World Read Aloud Day, Inilah 6 Manfaatnya untuk Anak

Annisa Zahrotun Nafiah
Memperingati World Read Aloud Day, Inilah 6 Manfaatnya untuk Anak
ilustrasi membaca nyaring (pexels/cottonbro)

Halo Ayah Bunda. Sudah sering mendengar read aloud? Apa read aloud itu sebenarnya? Jika diterjemahkan, read aloud artinya membaca nyaring. Membaca nyaring merupakan membaca dengan bersuara. Orang tua bisa membacakan nyaring kepada anak-anak mulai usia bayi. 

Membaca nyaring adaah kegiatan yang sederhana, namun memiliki dampak yang luar biasa. Kunci dari keberhasilan read aloud sendiri dan konsistensi. Ketika orang tua melakukan read aloud secara rutin, anak akan suka mendengarkan ceritanya, kemudian ingin bisa membaca, sampai akhirnya dia gemar membaca. Mengenalkan buku sedini mungkin akan membantu anak mencintai buku dan membaca. Ada empat manfaat yang didapatkan melalui read aloud, yaitu:

1. Membantu perkembangan otak lebih optimal

Membacakan nyaring merupakan salah satu bentuk rangsangan atau stimulai pada perkembangan otak anak. Ketika masih bayi, jutaan neuron yang ada dikepalanya belum saling terhubung. Oleh karena itu, otak bayi perlu diberikan rangsangan untuk terus berkembang, salah satunya dengan melakukan membaca nyaring. Aktivitas neuron kiri yang mempengaruhi bahasa dan imajinasi, sangat bear perkembangannya sewaktu bayi, sehingga aktivitas ini sangat bermanfaat.

2. Melatih kemampuan mendengar

Selain, membantu perkembangan otak, membaca nyaring juga bisa memaksimalkan fungsi indra pendengaran bayi. Bayi akan memahami arti kata yang disebutkan dan berusaha melafalkannya. Ia juga akan belajar mengenai intonasi, jeda, dan volume suara.

3. Menambah kosa kata

Ketika membacakan nyaring, akan ada banyak kosa kata baru yang didengar oleh bayi. Selain kosa kata dari percakapan ayah dan bunda, bayi juga bisa memperkaya perbendaharaan kata melalui buku yang dibacakan. Ketika dia sudah bisa bertanya, dia akan menanyakan arti kata yang tidak dia pahami. Ayah dan bunda bisa menerangkannya, sehingga anak akan kaya akan kata-kata baru.

4. Melatih rentang perhatian dan mengingat

Membacakan nyaring bukan hanya sekedar membacakan buku. Dibutuhkan interaksi antara pembaca dan yang dibacakan. Di tengah membaca, ayah bunda bisa bertanya kepada anak-anak bagaimana kejadian sebelumnya. Hal ini akan membantu daya ingat pada anak. Ayah bunda juga bisa menanyakan jalan cerita atau isi cerita setelah membacakan buku dan anak akan mencoba mengigatnya.

5. Meningkatkan minat baca anak

Kebiasaan akan mudah dibentuk ketika dilakukan sejak dini. Ketika ayah bunda sudah rutin melakukan membaca, anak akan mengikutinya. Dia akan selalu tertarikdengan buku-buku baru dan membacanya.

6. Merpererat ikatan antara orang tua dan anak

Komunikasi yang dilakukan ketika membaca nyaring, bisa menjalin kedekatan antara orang tua dan anak. Orang tua dan anak bisa sling berpelukan dan juga bersendau gurau riang.

Nah, dengan mengetahui manfaat membaca nyaring untuk anak, ayah bunda bisa menerapkannya mulai dari sekarang. tidak ada kata terlambat kok. Jika sudah menerapkannya, semoga konsisten ya. Selamat membaca.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak