facebook

6 Manfaat Telur Bebek yang Perlu Diketahui, Mampu Optimalkan Fungsi Otak

Zulfah Ariyani
6 Manfaat Telur Bebek yang Perlu Diketahui, Mampu Optimalkan Fungsi Otak
Ilustrasi telur bebek. (Freepik/MezaStudio)

Telur bebek merupakan sumber protein hewani yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Telur bebek bisa dimasukkan dalam menu makanan harian dan diolah menjadi beragam hidangan. Kandungan nutrisi pada telur bebek ternyata lebih tinggi jika dibandingkan dengan telur ayam. Hal ini dikarenakan, pada telur bebek kandungan airnya lebih rendah sehingga kandungan nutrisinya cukup tinggi.

Dilansir dari HelloSehat, berikut 6 manfaat telur bebek bagi kesehatan.

1. Menjaga Kesehatan Mata

Dalam telur bebek terdapat kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan tersebut berupa zat lutein dan zeaxanthin yang berperan dalam menjaga kesehatan mata. Dengan adanya kandungan tersebut, maka mata dapat terhindar dari berbagai jenis penyakit, mulai dari katarak hingga degenerasi makula. Selain itu, dengan asupan lutein dan zeaxanthin yang cukup maka dapat terhindar dari risiko mata lelah akibat pancaran cahaya dari alat elektronik.

2. Mengoptimalkan Fungsi Otak

Telur bebek memiliki kandungan kolin yang dapat berperan dalam reaksi biokimia pada otak. Kolin dapat mempercepat pelepasan protein asetilkolin pada otak. Sehingga otak dapat bekerja secara optimal dalam menjalankan fungsinya. Selain itu, jika asupan kolin mencukupi maka akan terhindar dari risiko penyakit Alzheimer.

3. Mencegah Penyakit Kardiovaskules dan Stroke

Telur bebek juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan oembuluh darah. Hal ini dikarenakan dalam telur bebek terdapat kandungan asam oleat yang tinggi. Kandung tersebut mampu membantu menurunkan kolesterol jahat dan tekanan darah. Sehingga kamu akan terhibdar dari penyakit kardiovaskuler dan stroke. Namun, kamu perlu membatasi konsumsi telur bebek. Karena telur bebek juga memiliki kadar kolesterol yang cukup tinggi.

4. Meningkatkan Imunitas

Telur bebek mengandung berbagai jenis karotenoid seperti beta karoten, lutein, serta zeaxanthin. Kandungan tersebut diyakini dapat menjaga fungsi tubuh serta mencegah penyakit. Selain itu, kandungan vitamin A yang terdapat dalam telur bebek juga berperan untuk membantu memperkuat sistem imun tubuh dalam mencegah infeksi.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Telur bebek juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan lutein dan zeaxanthin di dalam telur bebek dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV. Selain itu, kandungan tersebut juga dapat membantu meratakan warna kulit setelah diberikan selama 12 minggu.

6. Mencegah Anemia

Dengan mengonsumsi telur bebek juga dapat terhindar dari risiko anemia. Dalam telur bebek terdapat kandungan vitamin B12. Kandungan vitamin B12 tersebut dapat membantu mengurangi risiko terkena anemia megaloblastik.

Telur bebek memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, ketika mengonsumsi telur bebek, pastikan telur bebek dimasak terlebih dahulu hingga matang. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko terkena infeksi bakteri. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak