facebook

6 Keuntungan Bangun Lebih Awal di Pagi Hari Bagi Kesehatan, Lebih Bahagia!

Arta Kusuma
6 Keuntungan Bangun Lebih Awal di Pagi Hari Bagi Kesehatan, Lebih Bahagia!
Ilustrasi alarm (Unsplash.com)

Bangun lebih awal di pagi hari memang terasa berat bagi sebagian orang, terutama individu yang mempunyai aktivitas lebih aktif di malam hari maupun tidak terbiasa bangun pagi. Saat kita memasang alarm yang kemudian berdering, seringkali kita akan mematikannya dan kembali untuk tidur. 

Tapi, tahukah kamu kalau bangun lebih awal dipagi hari mempunyai banyak keuntungan? Berikut ini adalah 6 keuntungan bagi kesehatanmu ketika bangun lebih pagi:

1. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Bangun lebih awal akan cenderung untuk meningkatkan konsetrasi lebih baik dan merasa lebih berenergi sepanjang hari. Pada studi Harvard Business Review (HBR) (2010), orang yang bangun pagi akan cenderung lebih optimis, stabil, proaktif, dan merasa puas dengan kehidupannya. Tentunya, energi ini yang diperlukan tubuh untuk melewati keseharian yang terkadang terasa pelik.

2. Meningkatkan Kualitas Tidur

Pada saat kita menerapkan tidur yang cukup dan dilakukan secara konsisten maka akan membantu dalam meningkatkan aliran darah. Sistem imun, fungsi dasar otak, memperoleh mood yang baik dan memberikan kesempatan bagi tubuh untuk memperbaiki dirinya sendiri. 

Sedangkan, ketika individu bangun terlambat yang terjadi pada tubuh adalah susah tidur dan mengalami pusing.

3. Kulit Menjadi Lebih Sehat

Tidur lebih awal akan memberikan waktu tidur yang cukup sehingga membuat kulitmu menjadi lebih sehat. Hal ini dikarenakan selama tidur di malam hari terjadi proses regenerasi pada kulit ketika aliran darah meningkat dan kolagen akan membantu memperbaiki segala kerusakan yang diakibatkan oleh efek buruk dari lingkungan dan paparan sinar matahari.

Selain itu, tidur lebih awal akan memberikanmu waktu untuk melakukan perawatan rutin dengan skincare sebelum tidur sehingga kulit akan terasa lebih sehat dan indah dipagi hari. 

4. Mengurangi Dark Circles

Selama kamu bangun lebih awal, tidur lebih cepat dan tidak mempunyai masalah saat tidur maka hal itu akan mengurangi dark circle pada kulitmu. Dark circles ini terjadi karena kurangnya tidur. Jadi tidur yang cukup ya sobat. 

5. Meredakan Stres Berlebih

Hal ini dikarenakan kamu akan mempunyai waktu yang lebih panjang untuk menjalankan rencana keseharianmu. Bangun lebih awal akan membantumu untuk mencapai semua target keseharian lebih baik tanpa diburu oleh waktu. Kamu bisa melalui keseharianmu dengan pikiran yang lebih tenang dan tertata. 

6. Lebih Bahagia

Merangkum pada National Library of Medicine Study (2012), orang dewasa yang sehat adalah mereka yang terbiasa bangun lebih awal karena mempunyai pikiran yang lebih positif. Selain itu kamu akan merasa bahagia karena dapat menyelesaikan segala aktivitas tepat.

Nah, itulah enam keuntungan bangun lebih awal di pagi hari. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak