facebook

6 Fakta Unik dan Menarik Negeri Penuh Senyuman, Thailand

Arta Kusuma
6 Fakta Unik dan Menarik Negeri Penuh Senyuman, Thailand
Ilustration Candi Budha Thailand (pixabay.com/Qimono)

Thailand terkenal sebagai negeri tebing kapur yang megah, penduduk yang ramah dan kuil-kuil yang berkilauan indah. Selain keindahan tersebut, negeri yang juga dikenal dengan istilah negeri penuh senyuman ini mempunyai fakta unik dan menarik tentang Thailand itu sendiri seperti keunikan budaya dan sejarahnya yang tidak banyak diketahui oleh orang.

Kita akan membahas mengenai 6 fakta unik dan menarik dari negeri penuh senyuman, Thailand di sini berdasarkan thethaiger.com dan theplanetd.com sebagai berikut:

1. Nama Asli Bangkok Sangat Panjang

Pada bagian pertama, kita akan mulai mengulas fakta unik dan menarik tentang Thailand yaitu Bangkok. Seperti yang telah kita ketahui, bahwa Bangkok adalah ibu kota Thailand. Bangkok mempunyai salah satu nama upacara terpanjang di dunia yaitu terdiri dari nama Pali dan Sansekerta.

Nama asli Bangkok adalah Krungthepmahanakhon Amonrattanakosin Mahintharayutthaya Mahadilokphop Noppharatratchathaniburirom Udomratchaniwetmahasathan Amonphimanawatansathit Sakkathattiyawitsanukamprasit.

Nama ini berarti Kota Malaikat, Kota Agung Para Dewa, Kota Agung Sembilan Permata, tahta raja, Kota Istana Kerajaan, Rumah Penjelmaan Dewa, didirikan oleh Visvakarman atas perintah Indra.

2. Thailand Negeri Candi

Terdapat lebih dari 40.000 candi di Thailand, dan lebih dari 30.000 dari candi tersebut masih sering digunakan. Oleh karena itu kamu akan dapat menemukan candi dengan mudah di Thailand karena sebagian besar penduduk Thailand beragama Budha.

Candi mempunyai peranan penting dalam setiap elemen kehidupan di Thailand sehingga jangan heran kalau kamu bisa menemukan candi dengan sangat mudah di negeri seribu Candi tersebut. Jika kamu ingin mengunjungi candi di sana, pastikan menggunakan pakaian yang sopan yang mana tidak terlalu terbuka.

3. Thailand Dikenal Sebagai Siam

Pada sebagian besar sejarah, Thailand dikenal sebagai Siam. Selanjutnya, negara ini berganti nama sebagai Thailand pada 1939 sebelum kembali lagi ke Siam untuk sementara pada 1946 dan 1948. Pada akhirnya, negara ini secara resmi menggunakan nama Thailand pada 1948.

4. Thailand Tidak Pernah Dijajah Oleh Eropa

Fakta unik dan menarik tentang Thailand yang mengesankan dapat kita ketahui bahwa negara ini tidak pernah dijajah oleh Eropa.

Tentunya ini berbeda dengan sebagian besar negara-negara di Asia Tenggara yang pernah dijajah oleh Eropa seperti Vietnam, Laos, Myanmar, Indonesia, Cambodia dan Malaysia, Thailand tidak pernah dijajah oleh mereka. Nama Thailand sendiri dalam bahasanya berarti Prathet Thai, mempunyai makna sebagai negeri kebebasan.

5. Masakan Rumah Bukan Hal Umum

Taukah kamu kalau orang Thailand jarang memakan masakan rumah! Tentunya, ini menjadi fakta unik dan menarik dari Thailand yang dapat membuat kita terheran-heran, terutama jika mereka tinggal di kota besar seperti Bangkok.

Hal ini dikarenakan banyak orang Thailand tinggal di apartemen kecil sehingga tidak mempunyai ruang yang cukup memadai untuk memasak.

6. Tempat Red Bull Berasal

Fakta unik dan menarik Thailand yang terakhir yaitu berkaitan dengan minuman berenergi. Meskipun saat ini menjadi perusahaan Austria, namun tempat kelahiran Red Bull yaitu minuman benergi berlokasi di Thailand.

Red Bull didasarkan oleh Krating Daeng, minuman benergi dengan rasa manis dan non karbonasi yang dikenalkan oleh Thailand pada 1970-an oleh Chaleo Yoovidhy.

Pada 1987, pengusaha Austria bernama Dietrich Mateschitz memodifikasi cita rasa Krating daeng agar lebih sesuai denga cita rasa orang Barat dan meluncurkan Red Bull. Oleh sebab itu, logo Krating Daeng dan Red Bull saat ini hampir mirip.

Nah, itu tadi telah dijabarkan 6 fakta unik dan menarik tentang Thailand yang dikenal sebagai negeri seribu Candi hingga yang paling menarik merupakan tempat kelahiran Red Bull sebelum akhirnya diambil alih oleh pengusaha Austria bernama Dietrich Mateschitz. Semoga informasi ini bermanfat, ya, sobat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak