facebook

Inilah 6 Fakta Unik dan Menarik tentang Indonesia di Mata Dunia

Arta Kusuma
Inilah 6 Fakta Unik dan Menarik tentang Indonesia di Mata Dunia
Ilustrasi Candi Borobudur, Jawa Tengah (pixabay.com/Saesherra)

Indonesia merupakan sebuah negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara, terkenal dengan keindahan alam dan warisan budaya yang menakjubkan sehingga menjadi salah satu negara mempesona dunia. Indonesia menempati luas area sekitar 735.358 mil persegi, besaran wilayah ini menjadikannya menempati peringkat negara terbesar ke-15 secara global berdasarkan Worldatlas. Tentunya negara ini mempunyai beberapa hal menarik untuk diulas, berikut adalah fakta unik dan menarik tentang Indonesia di mata dunia mengacu pada worldatlas.com dan 12go.asia:

1. Indonesia mempunyai Lebih dari 700 Bahasa dan Dialek

Fakta unik dan menarik pertama yang kita bahas tentang Indonesia di mata dunia yaitu Indonesia adalah salah satu negara dengan lebih dari 700 bahasa dan dialek yang digunakan. Jumlah bahasa yang beragam ini digunakan di seluruh bagian Indonesia dengan Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi. Papua menjadi satu-satunya provinsi yang mempunyai lebih dari 270 bahasa lisan. Penduduk Indonesia mayoritas beragama muslim dengan total jumlah penduduk lebih dari 242 jiwa.

2. Tempat dari Puncak Tertinggi di Dunia

Puncak Jaya merupakan puncak tertinggi di Provinsi Papua, Indonesia. Tinggi puncak tersebut adalah 4.884 meter di atas permukaan air laut dan juga merupakan puncak pulau tertinggi di seluruh dunia. Pada puncak ini kamu bisa menemukan salju di atasnya yang mana ini merupakan hal langka yang dimiliki oleh Indonesia.

3. Tempat Danau Vulkanik Terbesar di Dunia

Danau Toba merupakan danau alami terbesar di dunia dan terletak di dalam gunung berapi super di Sumatera, bagian Utara Indonesia. Danau terbesar ini mempunyai kedalam 500 m, panjang 100 km dan lebar 30 km. Danau Toba merupakan tempat erupsi gunung berapi pada 70.000 tahun yang lalu. Letusan ini, dianggap sebagai letusan terbesar yang terjadi di bumi dan memakan banyak korban jiwa pada saat ini.

4. Tempat dari Candi Budha Terbesar di Dunia

Selanjutnya, fakta unik dan menarik Indonesia di mata dunia  adalah ternyata Indonesia merupakan tempat dari Candi Budha terbesar di Dunia yaitu Candi Borobudur. Tentunya fakta ini sangatlah menakjubkan, Candi Borobudur dibangun pada abad ke-9, berlokasi di Magelang Jawa Tengah dengan mempunyai 1.460 panel relief di dindingnya. Relief ini merupakan relief Budha terbesar dan terlengkap di dunia. Kuil dengan 504 patung Buddha, didedikasikan untuk Sang Budha serta para peziarah Budha.

5. Indonesia Menduduki Peringkat ke-17 sebagai Megadiverse

Konservasi Internasional mengakui adanya keberagaman hayati besar yang ditemukan pada 17 negara, termasuk Indonesia dan dinyatakan sebagai megadiverse. Megadiverse disematkan kepada Indonesia karena mempunyai banyak satwa liar endemik. Selain Komodo, hewan endemik lainnya seperti Orangutan Tapanuli dan Monyet Daun Mitred. Tanaman unik yang ditemukan di Indonesia adalah Titan Arum, yang mana terkenal dengan bunga besarnya. Penggundulan hutan yang marak terjadi di Indonesia, tentu saja mengancam habitat dari para hewan endemik ini.

6. Rumah dari 8 Warisan Budaya Dunia

Fakta unik dan menarik Indonesia di mata dunia yang terakhir yaitu delapan area yang sangat penting secara sejarah dan budaya, telah diakui oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia. Salah satu yang tercatat oleh UNESCO yaitu Candi Borobudur hingga Taman Nasional Komodo dan Taman nasional Lorentz di Papua.

Itulah pembahasan mengenai 6 fakta unik dan menarik tentang Indonesia di mata dunia yang barangkali sobat belum mengetahuinya. Siapa sangka Candi Budha terbesar dunia terletak di Indonesia, tentunya ini menjadi salah satu warisan kebanggaan yang dimiliki oleh Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat, ya, sobat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak