facebook

Kamu Harus Tahu! 4 Bahaya Makan Durian Secara Berlebihan Bagi Tubuh

Anang wan
Kamu Harus Tahu! 4 Bahaya Makan Durian Secara Berlebihan Bagi Tubuh
Ilustrasi durian. (Pixabay/Thruthseeker08)

Durian merupakan buah yang sangat populer di Asia Tenggara. Buah yang memiliki nama  latin durio zibethinus ini punya sebutan sebagai raja buah, dan memiliki daging yang lembut seperti mentega.

Pada saat musim durian telah tiba, banyak orang yang memakan durian secara berlebihan. Walau durian memiliki banyak nutrisi, bahaya berlebihan makan durian juga harus diperhatikan, apalagi bagi yang memiliki penyakit tertentu.

Durian sendiri memiliki kandungan nutrisi yang bisa dibilang cukup lengkap, mulai dari lemak sehat, karbohidrat, protein, vitamin dan mineral.

Buah durian kaya akan lemak sehat yang baik untuk jantung. Durian juga dapat membantu memperbaiki suasana hati dan kualitas tidur.

Selain itu, tingginya serat pada durian bermanfaat untuk kesehatan pencernaan serta vitamin B nya juga membantu dalam penyerapan nutrisi makanan.

Orang yang memiliki penyakit tertentu dan pola hidupnya tidak sehat rentan mengalami bahaya akan buah durian, jika dimakan secara berlebihan. Berikut adalah bahaya makan durian secara berlebihan, yang dirangkum dari laman Sehatq.

1. Menyebabkan kegemukan

Bahaya pertama jika berlebihan makan durian nih. Meski kolesterol pada durian tidak berbahaya, namun jumlah kalori pada durian sangat tinggi. Durian dengan ukuran kurang dari 600 gram saja memiliki 885 kalori.

Jumlah kalori tersebut bahkan sudah memenuhi 44 persen dari kebutuhan kalori harian orang dewasa sebanyak 2000 kalori per hari. Oleh sebab itu, berlebihan makan durian yang tidak diimbangi pola hidup sehat dan aktif, dapat menyebabkan kegemukan.

2. Kandungan gula tinggi

Selain tinggi kalori, kandungan gula pada durian juga tergolong tinggi. Untuk penderita diabetes, memakan lebih dari dua biji dapat menaikkan kadar gula darah serta menyebabkan gejala diabetes, seperti mual dan pandangan yang buram.

3. Memberikan sensasi panas

Berlebihan makan durian juga dapat memberi sensasi panas pada tubuh. Bagi sejumlah orang, hal ini juga bisa menimbulkan gejala-gejala yang tidak nyaman, seperti sariawan, konstipasi, radang tenggorokan, dan peningkatan dahak.

4. Gangguan kesehatan saat dikonsumsi bersama alkohol

Durian memiliki senyawa sulfur yang dapat memperlambat metabolisme alkohol, sehingga kadar alkohol dalam darah meningkat yang mengakibatkan kondisi mabuk berat.

Nah, sudah tahu kan bahaya makan durian secara berlebihan. Sejatinya, semua yang berlebihan itu tidak baik. Oleh sebab itu, jaga terus pola hidup sehat kamu dan makanlah makanan yang memiliki gizi seimbang. Semoga bermanfaat dan terima kasih. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak