facebook

Jarang Diketahui, Ini 4 Manfaat Tidur Siang bagi Tubuh

Vallencia Zhang
Jarang Diketahui, Ini 4 Manfaat Tidur Siang bagi Tubuh
Ilustrasi tidur (Unsplash.com/Kinga Cichewicz)

Saat kita kecil dulu, orang tua kita tentunya sering menyuruh kita untuk tidur siang. Sayangnya, kita selalu mengabaikan tidur siang tersebut karena pikiran kita yang selalu berfokus pada keinginan untuk pergi bermain.

Saat menginjak dewasa pula, terutama saat sudah bekerja, biasanya kita malah merindukan tidur siang. Mengingat kita yang selalu kurang tidur saat malam hari. Oleh karena itu, ketika ada waktu kosong di siang hari, tentunya kita akan memanfaatkannya untuk tidur siang.

Tidak hanya untuk mengisi tenaga yang habis, ternyata tidur siang juga mempunyai banyak manfaat untuk tubuh. Merangkum dari Doktersehat, berikut 4 manfaat tidur siang yang jarang kita ketahui.

1. Meningkatkan fokus di malam hari

Beberapa penelitian yang telah dilakukan menunjukkan adanya keterkaitan antara tidur siang dengan fokus di malam hari. Ternyata, tidur siang antara 30 menit hingga 4 jam dapat meningkatkan kinerja dan fokus di malam hari.

Ada pula studi penelitian yang memasukkan pemberian kafein yang dinilai juga dapat memengaruhi hasil tersebut. Namun, pada studi lain diungkap bahwa tidur siang ternyata lebih efektif dan lebih lama dalam meningkatkan fokus dibanding mengonsumsi minuman berkafein.

2. Meningkatkan fokus di siang hari

Ketika kita merasa mengantuk saat di siang hari, ada baiknya kita tidur siang untuk beberapa saat. Tidak perlu lama, cukup 10 menit saja. Sebab, menurut penelitian, tidur dalam waktu yang singkat ternyata lebih efektif dibanding tidur dalam waktu yang lama.

3. Meningkatkan imunitas

Kurang tidur yang berlangsung lama ternyata dapat meningkatkan molekul inflamasi dan hormon stres seperti kortisol yang dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh dan fungsi neuroendokrin.

Sebuah studi mengungkapkan bila seseorang dengan waktu tidur yang terbatas di malam hari ternyata memiliki kadar sitokin dan norepinefrin yang lebih tinggi. Sementara itu, mereka yang tidur siang memiliki kadar yang lebih normal.

4. Meningkatkan memori asosiatif

Sebuah studi menyatakan bila tidur siang ternyata mempunyai hubungan dengan tingkatan memori asosiatif. Tidur di siang hari dapat meningkatkan memori asosiatif yang bertujuan untuk mengingat hubungan dua hal yang tidak saling berkaitan.

Selain itu, memori ini cenderung terjadi dalam keadaan tidak sadar. Karena memori asosiatif ini terjadi secara otomatis dan di bawah kendali alam bawah sadar, maka memori ini cenderung memengaruhi antara kepercayaan, pengalaman, dan emosi.

Itu adalah beberapa manfaat tidur siang yang sering kita lewatkan semasa kecil. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak