facebook

5 Bahan Obat Alami yang Baik untuk Batuk Kering dan Berdahak

Anang wan
5 Bahan Obat Alami yang Baik untuk Batuk Kering dan Berdahak
5 Bahan Obat Alami yang Baik untuk Batuk Kering dan Berdahak (pixabay/Reini1973)

Batuk adalah penyakit yang bisa disertai dengan gejala lain seperti tenggorokan kering dan hidung berair. Banyak obat batuk yang bisa kamu temukan di berbagai apotek terdekat. Namun, ada juga yang lebih mengandalkan obat alami untuk meredakan batuk ini. 

Nah, sebelum kamu mencoba obat batuk non resep yang bisa dibeli di apotek. Mungkin obat-obatan alami bisa untuk meringankan gejala ini. Selain itu, obat tradisional juga berguna untuk mengatasi gejala pernapasan lain yang mungkin menyertai, seperti hidung tersumbat. Nah, berikut lima bahan alami yang bisa membantu meredakan batuk kering dan berdahak, seperti yang telah dirangkum dari hellosehat.com.

1. Jahe 

Air hangat yang telah dilarutkan jahe diyakini dapat membantu meredakan gejala batuk. Disaat kamu batuk, tenggorokan yang terinfeksi dapat terjadi peradangan dan iritasi. Nah, untuk meredakannya kamu bisa menggunakan bahan alami yang mengandung anti inflamasi, antibakteri dan anti virus. Kabar baiknya, jahe mengandung ketiga zat tersebut.

2. Madu 

Seperti yang kita tahu, madu sering dijadikan obat alami untuk sejumlah penyakit, termasuk juga batuk. Dilansir dari penelitian Naveed at all, madu mengandung efek antioksidan, antiinflamasi dan demulcent. Demulcent sendiri adalah zat yang dapat membentuk lapisan di selaput lendir, yang berfungsi sebagai pemenang dan pelindung dari iritasi atau peradangan.

3. Mint 

Daun mint sudah lama dikenal karena memberikan sensasi segar pada tubuh. Karena sensasi dinginnya, mint banyak digunakan pada sejumlah produk seperti pasta gigi, teh, dan juga permen. Selain itu, mint juga dikenal baik untuk melegakan masalah saluran pernapasan atas dan batuk.

Daun mint juga mengandung mentol yang bersifat antimikroba, antioksidan, dan anti-inflamasi. Mentol ini juga bersifat sebagai analgesik atau pereda nyeri saat batuk.

4. Akar licorice

Akar licorice sudah lama digunakan sebagai obat herbal pereda radang tenggorokan, sebagai obat batuk herbal, juga untuk batuk berdahak dan batuk karena alergi.

Dilansir dari Monica di India, licorice efektif digunakan untuk perawatan batuk karena memiliki kandungan demulcent dan ekspektoran.

5. Air garam

Bahan yang sederhana ini ternyata juga bermanfaat untuk batuk. Mudah didapatkan, berkhasiat lagi. Dengan berkumur air garam hangat, dipercaya dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri yang menginfeksi tenggorokan.

Selain itu, dengan air garam juga bisa membantu mengencerkan dahak yang menggumpal di belakang tenggorokan, sehingga batuk lebih reda.

Nah, itulah 5 rekomendasi bahan herbal untuk obat batuk kering dan berdahak. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak