facebook

Jangan Dikucek! Berikut 5 Cara Mengatasi Mata Lelah

Nanda Putri
Jangan Dikucek! Berikut 5 Cara Mengatasi Mata Lelah
Ilustrasi mata lelah (Freepik/Yanalya)

Sama seperti tubuh, mata pun juga bisa lelah jika digunakan secara terus-menerus tanpa istirahat. Mata lelah mungkin terlihat sepele dan biasa diabaikan oleh orang banyak, namun jika dibiarkan terus maka akan berpotensi untuk menjadi masalah yang serius. Mata lelah bisa disebabkan karena terlalu lama menatap layar, kurang tidur, alergi, atau karena faktor lainnya.

Mata lelah jika dibiarkan maka akan cukup mengganggu aktivitas sehari-hari,karena menimbulkan rasa yang kurang nyaman. Melansir All About Vision, untuk mengatasinya, kamu dapat menerapkan 5 cara berikut!

1. Mengistirahatkan mata sejenak dari paparan layar elektronik

Paparan cahaya yang berasal dari layar TV, komputer, dan ponsel dapat menyebabkan kerusakan pada mata. Untuk itu, saat kamu menggunakan alat elektronik tersebut ada baiknya selalu mengistirahatkan ,mata setiap 20 menit sekali selama 20 detik. Hal ini dilakukan untuk memberikan kesempatan pada otot kecil di mata untuk rileks sejenak.

2. Jaga mata untuk tetap terhidrasi

Salah satu penyebab mata lelah adalah mata kering. Mata kering bisa disebabkan karena beberapa faktor seperti, terlalu banyak menatap layar digital, pengaruh obat-obatan tertentu, dan faktor usia.

Jika mata lelah karena terlalu sering menatap layar digital, maka sering-seringlah berkedip untuk membasahi mata. Selain itu, untuk menjaga mata agar tetap terhidrasi, kamu bisa melakukannya dengan minum banyak air putih.

3. Kompres mata dengan air hangat

Kamu bisa melakukannya dengan merendam waslap atau handuk kecil ke dalam air hangat, kemudian memerasnya lalu menaruhnya di atas mata selama 5-10 menit. Namun, sebelum melakukannya kamu perlu mencuci tangan dulu secara bersih, untuk menghindari bakteri lain masuk pada mata.

Mengompres mata dengan air hangat, dapat meningkatkan kelembaban pada mata, meringankan rasa sakit yang ditimbulkan akibat mata lelah, meningkatkan aliran darah, serta merelaksasi kejang pada otot mata.

4. Menggunakan obat tetes mata

Banyak obat tetes mata yang kini dijual secara bebas ataupun diresepkan untuk meredakan gejala mata kering dan lelah. Bahkan, obat tetes mata ini bisa digunakan walaupun mata sedang dalam keadaan baik-baik saja, untuk menjaganya tetap lembab dan menghindari terjadinya mata kering.

5. Menggunakan kantung teh celup

Selain untuk membuat teh, kantong teh celup juga bisa digunakan sebagai kompres mata.  Kamu dapat melakukannya dengan menyeduh kantong teh celup terlebih dulu, kemudian ambil kantong teh celup tersebut dan taruh ke dalam wadah bersih, kemudian masukkan ke dalam lemari es.

Setelah cukup dingin, kamu dapat menggunakannya sebagai kompres pada mata untuk mendapatkan efek yang lebih menenangkan pada mata.

Itu tadi 5 cara yang dapat kamu terapkan di rumah, saat mengalami gejala mata lelah!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak