facebook

5 Penyebab Alis Sering Kedutan, Salah Satunya karena Stres

Nanda Putri
5 Penyebab Alis Sering Kedutan, Salah Satunya karena Stres
Ilustrasi alis mata (Unsplash.com/June O)

Kedutan alis adalah kondisi ketika kulit alis bergetar secara cepat, yang diakibatkan karena kejang pada otot alis yang terjadi tanpa disengaja dan tidak dapat dikendalikan. Gejala kedutan alis mirip dengan kedutan mata, dimana hanya salah satu bagian saja yang mengalami kedutan.

Kedutan ini biasanya tidak berlangsung lama dan tidak menimbulkan rasa sakit, hanya saja menimbulkan efek mengganggu dan kurang nyaman.

Salah satu pemicu dari kedutan alis adalah gaya hidup yang kita jalani. Pasokan dalam tubuh juga perlu seimbang, karena ketika tubuh kekurangan atau kelebihan sesuatu dapat menyebabkan kerusakan pada sel saraf, dan salah satu efeknya yaitu kedutan alis.

Melansir Medical News Today, berikut penyebab dari kedutan alis!

1. Stres

Stres dapat menjadi salah satu pemicu dari kejang otot. Untuk menguranginya, kamu dapat melakukan aktivitas fisik ringan yang dapat merilekskan tubuh, seperti meditasi, yoga, dan melatih pernapasan dalam. Meskipun hanya aktivitas ringan, jika dilakukan secara rutin bisa jadi dapat mengurangi atau menghilangkan gejala kejang otot di kemudian hari.

2. Kekurangan magnesium

Magnesium sangat berperan penting dalam mempertahankan kenormalan fungsi saraf dan otot.Kejang otot merupakan salah satu gejala dari kekurangan magnesium. Gejala lainnya yang dapat ditimbulkan adalah mual, kelelahan, lemah, bergetar, dan kehilangan selera makan.

Untuk memenuhi kembali kebutuhan akan magnesium dalam tubuh, kamu perlu mengonsumsi makanan kaya akan magnesium seperti, almond, kacang tanah, kacang merah, bayam, susu kedelai, dan alpukat.

3. Pengaruh obat-obatan tertentu

Obat-obatan stimulan seperti antipsikotik dapat menyebabkan tremor. Obat antiepilepsi juga dapat memicu kedutan. Mengkonsumsi obat jenis diuretik dapat menyebabkan kekurangan magnesium, sehingga sebabkan kejang otot atau kedutan.

4. Kurang tidur

Memiliki waktu tidur yang tidak teratur dan kurang, dapat meningkatkan stres serta akan menimbulkan dampak kesehatan lainnya, salah satunya kejang otot pada mata dan alis. Oleh karena itu, aturlah kembali jadwal tidur agar tidur lebih teratur. Tidur yang cukup minimal 8 jam sehari, dan tidurlah pada waktu awal, seperti jam 9 malam.

Namun, jika kamu merasa sudah memiliki waktu tidur yang cukup tapi masih merasakan kelelahan secara berlebih. Bisa jadi, kamu memiliki masalah kesehatan secara psikis dan perlu mengkonsultasikannya kepada dokter.

5. Diet yang tidak seimbang

Diet yang tidak memperhatikan kebutuhan akan gizi pada tubuh, akan menyebabkan masalah kesehatan. Hal ini dikarenakan, kebutuhan tubuh akan vitamin dan mineral tidak tercukupi dengan baik. Jadi, ada baiknya saat merencanakan diet untuk memperhitungkan kebutuhan akan gizi pada tubuh dengan tepat.

Itulah tadi 5 penyebab dari kedutan alis yang sering kita alami.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak