facebook

Segera Cek! Ini 5 Gejala dan Tanda Gula Darah Tinggi

Anang wan
Segera Cek! Ini 5 Gejala dan Tanda Gula Darah Tinggi
Segera Cek! Ini 5 Gejala dan Tanda Gula Darah Tinggi

Halo semua, apakah kalian pernah mendengar mengenai penyakit gula darah? Ya, penyakit ini umumnya terjadi pada pasien diabetes melitus. 

Bahkan, orang yang tampak sehat bisa saja memiliki gula darah yang tinggi. Tapi, tidak semua pengidap gula darah tinggi memiliki tanda-tanda dan gejala yang jelas.

Nah, berikut ini ada edukasi mengenai apa saja sih gejala gula darah tinggi?  walaupun kamu orang yang sehat, mungkin mengenali hal ini bisa bermanfaat bagi kamu.

Apa sajakah gejala-gejalanya itu? Yuk simak penjelasan berikut, yang dilansir dari laman hellosehat.com.

1. Selalu merasa haus dan sering buang air kecil

Gejala pertama ini mungkin yang kamu sadari awalnya adalah cepat haus. Haus merupakan hal yang wajar dialami oleh setiap orang, ini menandakan tubuh sedang dehidrasi dan membutuhkan asupan cairan.

Perlu diketahui, jika hal ini terjadi berulang ulang dan tidak hilang meski sudah banyak dan sering minum. Bisa saja, hal ini menjadi gejala gula darah tinggi.

2. Merasa kelelahan

Gejala kedua adalah tubuh merasa cepat lelah. Kamu juga harus mewaspadai gejala ini.

Kenapa tubuh cepat lelah? mungkin terjadi karena tubuh merasa kurang sumber energi, padahal tidak.

Seperti yang kita tahu, gula merupakan sumber utama energi bagi tubuh. Nah, jika gula darah tinggi berarti energi dalam tubuh juga banyak dong?

Salah, padahal jika gula darah tinggi maka tubuh tidak akan mampu untuk mengolahnya karena fungsi hormon insulin yang membantu menyerap gula darah terganggu.

Ini mengakibatkan gula menumpuk dalam darah dan tidak digunakan sebagai energi.

3. Selalu lapar, tapi berat badan menurun

Seseorang yang merasa cepat lapar meski baru saja makin banyak, hal ini perlu diwaspadai.  Bisa saja hal ini merupakan gejala gula darah tinggi.

Kenapa hal ini terjadi, jika kita kelebihan gula darah maka tidak bisa diolah tubuh menjadi energi, sehingga membuat sel-sel tubuh tidak mendapatkan energi.

4. Penglihatan kabur

Pada orang yang mengalami gula darah tinggi, gejala ini sering kali dialami. Gula darah yang tinggi dapat membuat penglihatan menjadi kabur sementara.

Hal ini terjadi karena lensa mata yang membengkak. 

5. Mulut kering

Gejala lain dari gula darah tinggi adalah mulut menjadi kering atau juga bisa disebut xerostomia.

Orang yang mengalami gula darah tinggi, juga memiliki masalah pada bibir yang kering dan pecah-pecah, bau mulut, sering haus, dan sensasi kering di tenggorokan.

Kenapa hal ini bisa terjadi? karena gula darah yang tinggi membuat kelenjar air terganggu sehingga air liur yang dihasilkan tidak normal.

Nah, itulah sejumlah tanda dan gejala gula darah tinggi. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa untuk terus menjaga kesehatan ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak