facebook

5 Khasiat Tomat untuk Kesehatan Wajah, Sudah Tahu Belum?

Anang wan
5 Khasiat Tomat untuk Kesehatan Wajah, Sudah Tahu Belum?
Ilustrasi tomat.(Pixabay/neelam279)

Tomat merupakan salah satu jenis buah-buahan, namun ada juga yang menyebutnya sebagai sayur. Tentu tomat sudah tak asing lagi bagi kita kan, kita sering menjumpainya di dapur. Seperti yang telah kita ketahui, tomat sendiri baik untuk kesehatan tubuh. Nah, apakah untuk kulit baik juga khasiatnya, yuk simak terus!

Tomat mengandung vitamin C dan E, serta tinggi fitonutrien karotenoid, seperti lutein, zeaxanthin, dan lycopene. Nah, penasaran dengan manfaat tomat untuk kesehatan wajah? Berikut penjelasannya yang dirangkum dari laman hellosehat.com.

1. Mencegah kanker kulit

Seperti yang sudah disebutkan tadi, tomat mengandung likopen. Yakni salah satu jenis antioksidan yang memberi pigmen warna pada tomat.

Senyawa likopen berpotensi mengurangi jumlah sel kanker, menunda timbulnya kanker kulit dari paparan zat pemicunya, serta menjaga jaringan tumor agar tetap jinak. Kamu bisa mengkonsumsi tomat secara langsung untuk bisa mendapatkan manfaatnya.

2. Melembabkan kulit

Tomat juga bermanfaat untuk melembabkan kulit. Dikarenakan, kandungan kalium pada tomat cukup tinggi. Kamu bisa mengoleskan tomat atau produk perawatan kulit yang mengandung kalium.

Hal ini didukung oleh studi yang terbit di tahun 2012 pada Journal of Dermatological Science, menyebutkan jika penurunan kadar kalium dapat menyebabkan kulit kering pada orang-orang yang memiliki eksim.

3. Melindungi kulit dari sengatan matahari

Likopen pada tomat tak hanya berguna untuk kanker kulit, melainkan juga sebagai pelindung kulit dari terbakar akibat sengatan matahari. Meski bisa melindungi kulit dari sengatan matahari, tentunya tidak bisa menggantikan peran dari tabir surya.

4. Membantu mengelupaskan kulit mati

Pengelupasan kulit mati ternyata juga bisa terbantu oleh tomat. Diketahui, tomat mengandung pektin dan flavonoid yang baik untuk khasiat tersebut. Tahukah kamu, jika kulit mati menumpuk, hal ini dapat membuat kulit wajah terasa kering, bersisik, serta menyumbat pori-pori.

5. Membantu mendorong produksi kolagen

Ini dia manfaat selanjutnya dari tomat. Apakah kamu tahu? Jika kolagen adalah protein yang berfungsi sebagai salah satu pembentuk kulit.

Kolagen sendiri membuat kulit agar tetap terlihat kencang sehingga wajah kamu tidak mengendur dan terlihat lebih awet muda. Dengan kandungan vitamin C nya, tomat dapat merangsang produksi kolagen juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Nah, itulah tadi sejumlah pembahasan mengenai manfaat tomat untuk wajah. Jika kamu memiliki alergi terhadap tomat, sebaiknya hindari atau konsultasikan dulu ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak