facebook

5 Manfaat Ikan Gabus bagi Kesehatan, Juga Dapat Memperbaiki Gizi Buruk!

Anang wan
5 Manfaat Ikan Gabus bagi Kesehatan, Juga Dapat Memperbaiki Gizi Buruk!
ilustrasi ikan gabus (pixels)

Ikan menjadi salah satu hewan yang memiliki kandungan protein yang baik untuk tubuh. Oleh sebab itu, mengkonsumsi ikan sangat baik untuk kesehatan. Ikan gabus salah satunya.

Ikan gabus merupakan ikan air tawar yang umum ditemukan di Indonesia. Terlihat, wajah ikan ini agak seperti ular tapi tenang, ikan ini memiliki kandungan gizi yang baik, lho!

Ikan gabus sendiri banyak ditemukan di sebagian besar kawasan Asia Tenggara. Ikan ini termasuk predator, karena memangsa ikan lain, dan juga hewan air kecil yang ada di habitatnya.

Ikan gabus terkenal karen kandungan albuminnya. Albumin sendiri adalah plasma darah yang berfungsi menjaga cairan dalam darah tidak bocor ke jaringan lain.

Nah, penasaran dengan manfaat ikan gabus? Berikut sejumlah manfaat ikan gabus bagi kesehatan, yang dilansir dari laman hellosehat.com.

1. Membantu pertumbuhan dan pembentukan otot

Perlu diketahui, kalau kandungan protein dalam ikan gabus lebih tinggi ketimbang ikan jenis air tawar lain. Bahkan, kandungan protein nya ini bisa menyaingi protein yang dimiliki daging sapi, ayam, ataupun telur.

Dalam 100 gram ikan gabus, terdapat sekitar 16,2 gram protein. Seperti yang kita tahu, protein bermanfaat bagi perkembangan tubuh. Termasuk proses pertumbuhan dan pembentukan otot tubuh.

2. Mempercepat penyembuhan luka pasca-operasi

Albumin dikenal baik dan sangat penting dalam proses penyembuhan luka. Nah, kabar baiknya ikan gabus memiliki kandungan albumin tersebut dengan jumlah yang tinggi.

Albumin yang terkandung dalam ikan gabus dapat meningkatkan kadar albumin tubuh menjadi normal.

3. Menjaga keseimbangan cairan tubuh

Selain untuk penyembuhan luka, albumin ternyata juga berfungsi sebagai penjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Tak hanya itu, albumin juga berguna menjaga cairan di dalam darah agar tidak bocor ke jaringan tubuh lain.

4. Memperbaiki gangguan gizi buruk

Tubuh yang kekurangan albumin dapat menyebabkan nutrisi tidak bisa diedarkan dengan baik ke seluruh tubuh.

Oleh sebab itu, dengan terpenuhinya albumin di dalam tubuh. Dapat menjadi perbaikan bagi tubuh yang mengalami gangguan gizi buruk.

5. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Daging ikan gabus dikenal memiliki protein kolagen yang lebih rendah ketimbang protein pada daging. Sekitar 3-5% terkandung dari total kandungan protein kolagen pada ikan gabus.

Nah, itulah sejumlah manfaat ikan gabus bagi kesehatan. Jika tidak suka dengan ikan gabus, tenang! kan masih ada ikan lainnya yang pastinya bermanfaat juga bagi kesehatan.

Semoga bermanfaat ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak