facebook

5 Makanan yang Bisa Memperburuk Keadaan Jerawat, Acne Fighters Wajib Tahu!

Nanda Putri
5 Makanan yang Bisa Memperburuk Keadaan Jerawat, Acne Fighters Wajib Tahu!
Ilustrasi jerawat (Pexels/Anna Nekrashevich)

Jerawat timbul bukan hanya berasal dari faktor luar saja, tapi faktor dari dalam tubuh pun ikut berpengaruh juga. Hubungan kesehatan dan kecantikan sangat erat kaitannya dengan apa yang dikonsumsi oleh tubuh. Terutama untuk gaya hidup, gaya hidup sangatlah penting untuk diperhatikan jika kamu ingin memiliki kulit bersinar bercahaya. Terkadang, banyak orang mengeluh mengapa dirinya selalu mengalami masalh kulit yang tak kunjung usai. Bisa jadi, kamu hanya merawatnya dari luar saja dan tidak memperhatikan pola makan sehat. Melansir Skinkraft, berikut beberapa makanan yang dapat menimbulkan masalah jerawat!

1. Susu

Sering mengkonsumsi produk susu dapat meningkatkan peradangan dan kemerahan pada jerawat. Menurut Bobby Buka yang merupakan salah satu dokter kulit di New York dan juga CEO dari The Dermatology Specialist, hal ini dikarenakan susu mengandung hormon pertumbuhan sapi yang dapat larut dalam lemak. Ketika mengonsumsi susu, hormon tersebut akan tertinggal di dalam tubuh dan akan bereaksi untuk menyebabkan jerawat.

2. Makanan karbohidrat olahan

Makanan karbohidrat olahan seperti roti, biskuit, sereal, pasta yang dibuat dengan tepung putih memiliki peningkatan risiko untuk menimbulkan jerawat. Hal ini dikarenakan karbohidrat dapat diserap dengan cepat ke dalam aliran darah, sehingga dapat meningkatkan kadar gula darah secara cepat. Ketika gula darah naik, kadar insulin akan meningkat untuk membawa gula darah tersebut keluar dari aliran darah, dan masuk ke sel-sel lain.

Insulin dapat membuat hormon androgen lebih aktif, sehingga hal ini dapat berkontribusi pada perkembangan jerawat dengan membuat sel kulit tubuh lebih cepat dengan cara meningkatkan produksi sebum.

3. Buah kering

Buah adalah makanan wajib yang harus kita konsumsi karena kaya akan vitamin dan nutrisi. Tetapi, akan berbeda khasiatnya jika diolah menjadi bentuk yang lain. Buah utuh mengandung gula alami, sedangkan buah yang dikeringkan akan memiliki kandungan gula yang lebih pekat. Dimana mengonsumsi gula dalam jumlah tinggi dapat meningkatkan produksi minyak dan peradangan yang akan berkontribusi menimbulkan jerawat. Oleh karena itu, lebih baik memakan buah secara langsung daripada dalam bentuk olahan lainnya.

4. Junk food

Junk food atau makanan cepat saji seperti burger, hot dog, soda, dan lain sebagainya, memang dikenal sangat tidak baik bagi kesehatan. Makanan cepat saji termasuk ke dalam jenis karbohidrat olahan, dimana kandungan gulanya lebih tinggi dan nilai gizinya lebih rendah. Karbohidrat olahan seperti junk food dapat menyebabkan peningkatan gula darah dan insulin, sehingga akan sebabkan peradangan serta peningkatan sebum yang berujung menjadi jerawat

5. Makanan kaya akan lemak omega-6

Makanan kaya akan omega-6 seperti jagung dan kedelai, dapat mendorong tubuh untuk mengalami inflamasi yang dapat memperburuk keadaan jerawat. Sebaliknya, omega-3 justru dapat mengurangi peradangan karena mengandung anti inflamasi, yang dapat mengurangi kemerahan pada jerawat.

Itulah lima makanan yang perlu kamu hindari sebagai acne fighters, semangat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak