facebook

Segera Cek! Ini 3 Bahaya Makan Mie Instan Mentah!

Anang wan
Segera Cek! Ini 3 Bahaya Makan Mie Instan Mentah!
ilustrasi mie instan (pixabay/RitaE)

Mie instan merupakan makanan yang sangat populer di dunia. Karena kepraktisannya, banyak orang yang memilih mie instan sebagai makanannya, bahkan untuk semua makanan mungkin ada yang instan semua.

Tapi, ketahuilah. Sering makan makanan yang instan juga ada dampak buruknya, terutama yang menggunakan pengawet makanan. Nah, kali ini kita akan bahas mengenai Mie Instan.

Sekarang ini, banyak orang yang menyukai mie instan karena rasanya yang enak dan beraneka ragam. Aromanya yang menggoda dan menggugah selera.

Ada banyak sekali jenis mie instan yang bisa kita temui. Namun, sebagian orang ada juga yang suka mengkonsumsi mie instan mentah sebagai snack. 

Mereka memakannya tanpa dimasak, yakni dengan menghancurkan mie tersebut lalu ditambahkan dengan bumbu yang ada.

Memang, mie instan sudah diproduksi dan dikemas dengan kondisi higienis. Tetapi, kita juga harus waspada karena tetap ada potensi dari bahaya makan mie instan mentah.

Mau bagaimana pun, kesehatan harus tetap kita jaga. Kita harus waspada terhadap kebiasaan makan mie instan mentah ini, apali jika dimakan secara berlebihan.

Namun, apakah bahaya dari makan mie instan mentah?

Berikut ini ada beberapa potensi bahaya yang timbul jika kamu suka makan mie instan mentah secara berlebihan. Dilansir dari laman sehatq.com.

1. Mengandung zat antinutrisi

Zat antinutrisi seperti lektin dan asam fitat terkandung di dalam mie mentah. Jika jumlahnya besar, kedua zat ini dapat merusak lapisan usus, mengganggu kinerja enzim, dan menyebabkan peradangan.

Perlu kamu ketahui, asam fitat dapat mengikat mineral penting seperti kalsium dan zat besi. Hal ini tentu akan membuatnya sulit diserap oleh tubuh. 

Jadi, jika kamu mengkonsumsi mie instan mentah dalam jangka yang panjang. Kemungkinan kamu akan beresiko kekurangan mineral dan berbagai gangguan kesehatan.

2. Gangguan pencernaan

Mungkin kamu sudah tahu akan hal ini. Ya, mie mentah sulit dicerna oleh tubuh karena pati pada mie mentah sulit dipecah sehingga sistem pencernaan kamu akan bekerja lebih keras untuk mencernanya.

Berikut ini ada beberapa gangguan pencernaan jika kamu sering makan mie instan mentah.

  • Sakit perut
  • Diare
  • Nyeri
  • Perut kembung
  • Kram perut

3. Kontaminasi bakteri

Sebenarnya, resiko ini tergolong kecil. Karena, bakteri yang terkandung pada mie instan akan mati dalam proses pengeringan mie.

Tapi, kontaminasi bakteri bisa terjadi jika mie bersentuhan langsung dengan permukaan yang mengandung bakteri. Misalnya dari konter, rak, dan permukaan lain, bahkan tangan kamu sendiri.

Nah, untuk itu sebelum kamu makan mie instan. Ada baiknya jika kamu memasaknya terlebih dahulu, ikuti prosedur memasak mie instan yang baik dan benar.

Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak