facebook

5 Manfaat Kesehatan dari Berendam di Air Hangat

sunshine ly
5 Manfaat Kesehatan dari Berendam di Air Hangat
Ilustrasi Berendam Air Hangat (pixabay)

Berendam dalam air hangat yang kaya mineral bisa membuat rileks, tetapi manfaat kesehatannya mungkin lebih dari sekadar menghilangkan stres.

Tindakan berendam di sumber air panas alami disebut juga hot pot, balneoterapi dalam konteks kesehatan terapeutik dan komplementer, terapi hidrotermal, dan terapi perendaman.

Mengutip dari everydayhealth.com, berikut adalah beberapa manfaat berendam air panas:

1. Dapat Memberikan Pereda Nyeri

“Panas air membantu mengendurkan otot dan memiliki efek penghilang rasa sakit,” kata Ingerick. "Pada dasarnya, terapi ini dapat bertindak sebagai paket panas perendaman seluruh tubuh."

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang menderita radang sendi dan kondisi nyeri lainnya menemukan bahwa berendam menawarkan beberapa pereda nyeri.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2021 di Inquiry yang mengamati hampir 1.300 orang dengan nyeri sendi atau otot, termasuk dari rheumatoid arthritis, 83 persen mengatakan bahwa mandi di pemandian air panas memberikan bantuan dari gejala mereka pada akhir mandi.

2. Dapat Meringankan Kondisi Kulit Tertentu

Mineral seperti belerang dan magnesium memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri, dan mineral ini serta mineral lainnya mungkin berguna dalam mengobati beberapa kondisi kulit, kata Ingerick.

Sebuah tinjauan yang diterbitkan pada bulan September 2020 di Journal of Clinical Medicine menyimpulkan bahwa berendam dalam air hangat yang kaya mineral dapat bermanfaat bagi mereka yang paling menderita psoriasis atau eksim, dengan beberapa manfaat untuk kulit gatal, jerawat, dan dermatitis seboroik, atau gatal, kulit kepala terkelupas, berkat teori efek anti-inflamasi dari air.

3. Membantu Anda Bersantai

Relaksasi adalah salah satu manfaat potensial yang terkenal dari hot pot. “Pengalaman sederhana berendam dalam bak mandi air hangat untuk relaksasi dapat memiliki efek mendalam dengan mematikan respons stres melawan-atau-lari kita, memberi waktu bagi tubuh kita untuk pulih,” kata Ingerick.

Dia menambahkan bahwa relaksasi adalah penangkal yang bagus untuk kelelahan dan dapat membantu meningkatkan ketahanan dalam menghadapi stres.

Mungkin juga ada peran pengaturan, seperti di alam atau spa, yang lebih mendukung efek relaksasi dari hot pot.

4. Dapat Mendukung Penurunan Berat Badan

Penelitian menunjukkan bahwa panas dari berendam dapat meningkatkan tingkat metabolisme Anda (ini sebagian, kecepatan di mana tubuh Anda membakar kalori), menurunkan penanda peradangan, dan membantu mengatur respons stres Anda, kata Coplin.

Sebuah studi yang diterbitkan pada 2017 di Temperatur mengevaluasi 14 pria dan menemukan bahwa mereka yang duduk di bak air membakar 61 kalori tambahan per jam dibandingkan dengan kondisi istirahat tidak di dalam air.

Olahraga membakar 556 kalori per jam dibandingkan dengan istirahat, membuatnya lebih efisien daripada duduk diam atau berendam.

5. Dapat Memberikan Manfaat Kardiovaskular

Salah satu hal paling penting yang memengaruhi tubuh Anda adalah panasnya air, yang dapat meningkatkan sirkulasi darah dan cairan sistem limfatik, yang membantu membersihkan limbah dari tubuh, kata Coplin.

Sebuah studi yang diterbitkan pada bulan September 2016 di The Journal of Physiology of 20 orang dewasa muda yang tidak aktif menemukan bahwa terapi air panas meningkatkan sirkulasi dengan cara yang mirip dengan olahraga, dan mereka yang berpartisipasi dalam empat atau lima sesi selama delapan minggu meningkatkan pelebaran pembuluh darah, mengurangi kekakuan arteri, dan meningkatkan tekanan darah dengan cara yang berpotensi bermanfaat bagi kesehatan jantung. 

Satu hal penting yang perlu diingat jika Anda ingin menggunakan hot pot sebagai terapi pelengkap untuk kondisi kesehatan apa pun; berendam air panas bukanlah pengganti perawatan konvensional rutin.

Pastikan untuk mendiskusikan tujuan Anda untuk perawatan dan bagaimana terapi imersi dapat sesuai dengan tujuan tersebut dengan penyedia layanan kesehatan Anda, menurut Asosiasi Balneologi Amerika Utara.  

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak