facebook

Maag Kamu Sering Kambuh? Coba 4 Cara Ini!

Anang wan
Maag Kamu Sering Kambuh? Coba 4 Cara Ini!
ilustrasi sakit perut (freepik.com)

Maag merupakan salah satu keadaan yang menyerang bagian lambung. Umumnya, penyakit ini ditandai dengan sekumpulan gejala gangguan pencernaan, mulai dari mulas, kembung, rasa panas di dada, hingga mual. 

Kamu pasti tidak ingin penyakit ini munculkan. Ya, pastinya ini akan mengganggu aktivitas keseharian kita. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena kita akan membahas sejumlah cara yang aman untuk mencegah penyakit maag.

Sebelum itu kamu harus mengenal dulu apa itu Maag? Tahukah kamu? Kalau maag itu bukan penyakit, melainkan sekumpulan gejala yang terdiri dari mulas, perut mual, sampai nyeri di ulu hati.

Ada banyak hal yang menjadi penyebab ini, seperti pola makan yang tidak sehat, infeksi bakteri, dan akibat masalah kesehatan tertentu.

Nah, berikut ini ada sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah kambuhnya penyakit maag, yang dirangkum dari laman hellosehat.com.

1. Pilihlah makanan yang tepat

Pertama, kita harus bisa memilih makanan yang tepat dan baik untuk kita makan. Hal ini sangat penting untuk kita perhatikan.

Seperti yang kita tahu, makanan yang pedas, asam, asin dan berlemak bisa memicu gejala sakit maag karena akan merangsang produksi asam lambung menjadi lebih banyak.

Sebaiknya, kamu harus bisa menghindari makanan yang terlalu pedas, minuman bersoda, asinan dan makanan yang asin. Mungkin makan sayuran hijau dan umbi-umbian bisa menjadi pilihan yang tepat.

2. Makanlah dengan pelan-pelan

Selain dari pilihan makanan, kebiasaan dan pola makan juga harus diperhatikan guna mencegah timbulnya maag.

Kamu dianjurkan untuk mengunyah satu suap makanan sebanyak 32 kali, karena  akan memudahkan penyerapan zat gizi dari makanan oleh tubuh.

3. Sajikan makanan yang sehat

Cara memasak makanan juga penting untuk diperhatikan dalam hal ini. Berikut ini ada sejumlah tip mengolah makanan dalam upaya pencegahan maag.

  • Jangan menggoreng makanan yang banyak lemak
  • Cobalah untuk makan makanan yang dikukus, direbus, dan dipanggang.
  • Sajikan makanan dalam porsi yang cukup (tidak kurang dan tidak lebih)

4. Jangan tidur atau berbaring setelah makan

Hal ini sudah tak asing lagi untuk dibahas. Pasti orang tua kamu selalu menyuruh kamu duduk dulu setelah makan, tidak boleh langsung tidur.

Kenapa hal ini dilakukan? Karena tidur setelah makan besar dapat memicu asam lambung naik. Jika asam lambung naik maka akan muncul gejala maag lainnya, seperti sakit pada ulu hati dan rasa panas di dada.

Nah, intinya menjaga pola hidup sehat adalah kunci utama untuk pencegahan maag. Tetap semangat dan terus jaga kesehatan ya!

Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak