facebook

Termasuk Membuat Cerdas, Berikut Ini 5 Manfaat Sarapan untuk Kesehatan

Risen Dhawuh Abdullah
Termasuk Membuat Cerdas, Berikut Ini 5 Manfaat Sarapan untuk Kesehatan
Manfaat sarapan di pagi hari.[Pixabay.com]

Apakah Anda merupakan orang yang malas atau bahkan tidak suka sarapan? Sebaiknya segera hilangkan kebiasaan tidak baik tersebut. Sarapan merupakan hal penting.

Mengapa? Setelah semalaman istirahat, perut akan kosong di pagi hari, sebab makanan sudah dicerna. Di sisi lain sarapan juga berguna sebagai modal untuk mengawali aktivitas di pagi hari hingga siang.

Bayangkan jika Anda tidak sarapan? Padahal Anda akan beraktivitas, apalagi kalau Anda adalah orang yang bekerja. Tenaga dan pikiran sangat membutuhkan energi. Nah, maka dari itu jika Anda adalah salah satu orang yang malas atau tidak suka sarapan, sebaiknya segera hilangkan kebiasaan tersebut.

Lagi pula, berbicara sarapan, banyak manfaat yang akan Anda dapat apabila dilakukan. Apa saja manfaatnya? Berikut manfaat sarapan dilansir dari klikdokter.com: 

1. Mengurangi risiko terkena penyakit

Sudah banyak studi yang mengatakan bahwa jika sering tidak sarapan bisa meningkatkan risiko terkena penyakit yang mematikan. Apa saja yang dimaksud penyakit mematikan? Misalnya kolesterol tinggi, diabetes, jantung, hingga stroke serta kanker. Nah, untuk itu sarapanlah! Bersarapan berarti telah menjaga tubuh Anda dari penyakit.

2. Sarapan bisa menambah energi

Sarapan jangan diremehkan. Sarapan yang Anda konsumsi membantu tubuh Anda mendapatkan bekal energi untuk beraktivitas. Paling tidak hingga makan siang tiba. Jika Anda memperhatikan dengan benar, orang yang tidak sarapan cenderung lebih mudah lemas dan sering tidak konsentrasi.

3. Sarapan berarti memberikan gizi lengkap

Jika Anda rutin sarapan setiap pagi, salah satu yang menjadi keuntungan adalah tubuh Anda memperoleh asupan gizi yang lengkap ketimbang tidak sarapan. Menu sarapan yang memberikan nutrisi untuk tubuh seperti protein, vitamin, karbohidrat dan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk menjalankan fungsinya.

4. Badan menjadi Ideal

Jika Anda termasuk orang yang malas untuk sarapan, mungkin Anda belum tahu, peluang keberhasilan diet akan meninggi justru jika Anda sarapan secara teratur. Jika tidak teratur, justru akan membuat berat badan tubuh Anda semakin bertambah. Apakah akan masih mau malas sarapan? Coba pikirkan kembali!

5. Bisa mencerdaskan

Soal konsentrasi sudah disinggung di atas. Anak-anak yang rutin sarapan setiap pagi mempunyai kecenderungan akan memiliki konsentrasi, stamina, daya ingat, serta nilai matematika lebih baik jika dibandingkan dengan yang jarang atau tidak sarapan pagi. Jika Anda mempunyai seorang anak, ajaklah sarapan demi masa depan anak Anda!

Nah, itulah 5 manfaat yang diperoleh jika sarapan pagi. Dengan manfaat yang sudah dijelaskan di atas, tentu tidak ada alasan lagi untuk Anda tidak sarapan. Mari sarapan, sebab sarapan merupakan hal penting untuk kesehatan!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak