facebook

5 Manfaat Mengonsumsi Buah Plum, Salah Satunya Bisa Mengontrol Berat Badan

Winka Orlando Saputra, S.Tr.Gz
5 Manfaat Mengonsumsi Buah Plum, Salah Satunya Bisa Mengontrol Berat Badan
Ilustrasi buah plum (pixabay)

Buah yang berukuran kecil ini mungkin masih sedikit kita jumpai di Indonesia karena lebih banyak dibudidayakan di negara-negara barat, seperti amerika dan eropa.  Buah plum biasanya berwarna hitam atau merah, dimana plum hitam memiliki rasa yang lebih manis, sedangkan plum merah terasa sedikit asam, selain itu pada daging buah plum memiliki tekstur yang lembut. Belakangan diketahui bahwa buah plum memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Mengutip dari laman MedicalNewsToday.com, inilah 5 manfaat mengonsumsi buah plum bagi kesehatan.

1. Melancarkan Pencernaan

Buah plum memiliki kandungan serat yang baik untuk melancarkan pencernaan. Selain itu berdasarkan penelitian pada tahun 2014 menunjukkan bahwa kandungan gula alkohol yang tinggi berupa sorbitol pada buah plum berpotensi untuk membantu meringankan gejala sembelit dengan perannya sebagai pencahar.

2. Mengontrol Berat Badan

Memiliki jumlah kalori yang sedikit, yaitu hanya 30 kalori per buahnya menjadikan buah plum sebagai camilan sehat yang membantu mengontrol berat badan. Selain itu kandungan sorbitol pada buahnya dapat mempertahankan rasa kenyang yang lebih lama. 

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah plum memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi, yaitu 103 mg per buahnya. Kandungan mineral ini dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan mengontrol kestabilan tekanan darah.

4. Mencegah Kerusakan Sel

Buah plum juga memiliki kandungan antioksidan jenis polifenol yang dinilai mampu menjaga tubuh dari kerusakan sel akibat serangan radikal bebas. Radikal bebas yang dimaksud, yaitu : asap rokok, polusi udara, serta paparan radiasi.

5. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Penelitian pada tahun 2016 menunjukkan bahwa wanita pascamenopause yang mengonsumsi 50 g buah plum per hari akan menurunkan resiko kerusakan tulang akibat osteoporosis. Sedangkan penelitian pada tahun 2020 juga ikut menujukkan bahwa  pria yang mengonsumsi 100 gr buah plum per hari akan mengurangi kerusakan tulang yang telah terjadi akibat osteoporosis. Kesimpulan dari penelitian tersebut adalah buah plum dapat mengurangi kerusakan tulang serta meningkatkan kualitas tulang.

Itulah 5 manfaat mengonsumsi buah plum bagi tubuh, akan tetapi jangan terlalu banyak mengonsumsinya karena akan berisiko menyebabkan diare. Semoga bermanfaat bagi pembaca.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak