facebook

3 Kebiasaan yang Membuat Gigi Menguning

Vallencia Zhang
3 Kebiasaan yang Membuat Gigi Menguning
Ilustrasi Gigi Menguning. (freepik)

Semua orang tentu ingin tampil maksimal, termasuk saat berfoto. Kita ingin menampilkan senyuman penuh kebahagiaan kita untuk nantinya dipajang di media sosial. Senyuman ala-ala Pepsodent alias senyum unjuk gigi adalah salah satu cara ampuh untuk memamerkan kebahagiaan. Sayangnya, terkadang, gigi yang kuning membuat kita merasa minder dan tidak percaya diri untuk tersenyum sembari unjuk gigi.

Saat melihat foto-foto selfie orang lain, kita juga merasa insecure karena gigi kita tidaklah seputih gigi mereka. Padahal, kita sudah rajin menyikat gigi. Lantas sebenarnya, kenapa hal ini bisa terjadi?

Seorang dokter gigi sekaligus pendiri California Breath Clinics, Harold Katz mengatakan bahwasanya gigi kuning tidak hanya terjadi karena penyakit tertentu atau faktor genetik, melainkan juga bisa disebabkan oleh kebiasaan kita sehari-hari yang tanpa kita sadari mengikis lapisan enamel.

Gigi kita dilapisi oleh enamel, yang membuat warnanya tampak putih kebiruan dan agak tembus pandang secara alami. Di bawah lapisan enamel, ada lapisan dentin. Lapisan ini berwarna kuning. Ketika lapisan enamel terus-menerus terkikis, maka lapisan dentin akan tampak. Inilah yang membuat gigi kita terlihat menguning. 

Lalu, apa saja kebiasaan kita yang dapat membuat lapisan enamel ini terkikis dan membuat gigi tampak kuning? Merangkum dari hellosehat.com, berikut ulasannya.

1. Sering merokok

Salah satu penyebab gigi menguning yang paling umum ialah kebiasaan merokok. Kandungan nikotin dan tar pada tembakau di dalam rokok yang menempel pada lapisan email gigi membuat warna gigi menjadi kuning.

Bahkan, pada perokok berat, warna gigi dapat menjadi kecoklatan, dan bisa saja menghitam. Oleh karena itu, ada baiknya kita berhenti merokok demi menjaga lapisan gigi kita.

2. Sering mengonsumsi minuman seperti teh, kopi, dan soda

Baik kopi, teh, dan minuman energi ternyata mengandung kafein yang cukup tinggi. Kandungan kafein ini dapat mengikis lapisan enamel pada gigi apabila dikonsumsi secara berlebihan, misalnya 2-3 kali dalam sehari, dan secara terus-menerus.

Tidak hanya itu, kandungan soda pada minuman berkarbonasi juga mengandung asam yang memberikan efek yang sama dengan minuman teh dan kopi tadi. Selain kopi, teh, dan soda, ternyata minuman wine, dan kunyit juga dapat membuat gigi menguning berdasarkan noda yang ditinggalkan. 

3. Sering menggunakan obat kumur

Obat kumur yang biasanya kita gunakan saat menyikat gigi beberapa diantaranya mengandung kadar asam yang cukup tinggi, yang di mana apabila digunakan secara terus-menerus dapat merusak email gigi, dan membuat mulut menjadi kering. 

Saat mulut terasa kering, air liur kita tidak akan bisa bekerja secara maksimal dalam membantu mengurangi tingkat keasaman, menjaga kelembapan mulut, serta mencegah noda-noda yang menempel pada lapisan enamel. 

Itu adalah beberapa kebiasaan yang dapat merusak enamel gigi dan membuat gigi menjadi menguning. Mari kita mulai mengurangi kebiasaan itu agar gigi kita tetap tampak putih dan berkilau.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak