facebook

5 Langkah Pencegahan Asam Urat dari Sekarang! Yuk Lakukan!

Anang wan
5 Langkah Pencegahan Asam Urat dari Sekarang! Yuk Lakukan!
Ilustrasi kaki sakit (Freepik.com)

Kalian pasti sering mendengar istilah Asam urat? Ya, penyakit ini mungkin sering dialami oleh orang yang sudah tua, baik itu orang tua kita maupun kakek nenek kita. Masyarakat awam juga sering menyebutnya dengan istilah ‘encok’.

Asam urat sendiri merupakan jenis penyakit radang pada sendi, yang diakibatkan oleh kadar uric acid (asam urat) yang tinggi dalam tubuh. Untuk itu, penting bagi kita untuk menjaga kadar asam urat normal dalam tubuh.

Nah, untuk yang belum terkena atau mengalami asam urat, Apakah ada langkah pencegahannya? Ya, pasti ada! 

Untuk mencegah penyakit ini, kamu perlu menjaga kadar asam urat normal, setidaknya dibawah angka 6,0 mg/dL pada wanita dan 7,0 mg/dL pada pria. Jangan sampai melebihi angka tersebut ya!

Nah, berikut ini ada beberapa langkah dan cara pencegahan penyakit asam urat, dirangkum dari laman hellosehat.com.

1. Batasi makanan tinggi purin

Salah satu penyebab asam urat adalah kelebihan asupan purin. Untuk itu, kamu perlu menjaga pola makan dan membatasi makanan yang tinggi purin.

Makanan yang tinggi akan purin tersebut seperti jeroan, makanan laut, daging merah, minuman beralkohol, makanan dan minuman yang mengandung pemanis, dan lain-lain.

Jika kamu terus mengkonsumsi makanan ini tanpa dibatasi, dikhawatirkan akan meningkatkan kadar asam urat kamu. Sehingga, bisa saja timbul gejala pada suatu waktu.

2. Rutin berolahraga

Olahraga secara rutin dapat menjaga sendi dan kesehatan tubuh. Selain itu, juga menjaga berat badan ideal menjadi salah satu langkah untuk mencegah penyakit asam urat.

Olahraga rutin dan teratur selama 30 menit dalam sepekan 5 kali. Kamu bisa melakukannya dengan intensitas yang ringan maupun sedang. Misalnya bersepeda, berenang, dan berjalan kaki.

3. Jaga berat badan ideal dan hindari obesitas

Salah satu faktor resiko terkena asam urat adalah obesitas. Maka, kamu perlu menjaga agar berat badan selalu ideal dan sehat. 

Nah, jika kamu sudah kelebihan berat badan, sebaiknya lakukan upaya untuk menurunkan berat badan ke angka yang lebih ideal.

Tentunya, untuk menjalankan langkah ini. Perlu dilakukan dengan pola hidup seperti makanan sehat, olahraga yang rutin, dan selalu menjaga kebersihan.

4. Minum air yang cukup setiap hari

Tubuh yang kurang cairan (dehidrasi) dapat meningkatkan resiko terkena serangan asam urat. Kenapa? Karena cairan diperlukan untuk dapat membantu mengencerkan dan mengeluarkan asam urat di dalam tubuh.

Minumlah air putih yang cukup setiap harinya, jangan sering minuman manis dan berpengawet ya!

5. Hindari cedera

Resiko serangan asam urat dapat meningkat jika sendi mengalami cedera atau trauma. Untuk itu, sebaiknya hindari trauma dan cedera sebagai langkah pencegahan asam urat.

Lakukanlah aktivitas dengan safety ya:)

Nah, gimana nih? Sudah mulai mengalami gejala asam urat? Sebelum parah sebaiknya cepat dicegah ya! Apalagi untuk kamu muda, lakukan pola hidup yang sehat ya! Semoga bermanfaat:)

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak