Jangan Sembarangan! 3 Jenis Buah yang Baik Dikonsumsi untuk Penderita Tipes

Mericy setianingrum
Jangan Sembarangan! 3 Jenis Buah yang Baik Dikonsumsi untuk Penderita Tipes
Ilustrasi buah melon (Pixabay.com/JillWellington)

Seseorang yang menderita tipes atau demam tifoid jangan mengonsumsi makanan sembarangan, begitu pula jenis buah-buahan yang aman dikonsumsi Kemudian tipes biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhi dan bakteri ini masuk ke dalam tubuh melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi. 

Selain itu, bagi penderita tipes juga harus menjaga asupan makanan yang tepat dan jangan asal sembarangan. Pasalnya, hal ini justru dapat memperparah kondisi seperti perdarahan di usus hingga muncul lubang pada dinding usus. Oleh karena itu, penderita tipes boleh saja makan buah-buahan yang terpenting adalah mengandung kadar serat tinggi. 

Dirangkum dari sehatq, berikut ini adalah tiga jenis buah yang baik dikonsumsi untuk penderita tipes. 

1.  Buah Pisang

Salah satu buah yang baik dikonsumsi bagi penderita tipes adalah pisang. Hal ini lantaran tekstur pisang yang lembek dan lembut akan mudah dicerna. 

Dengan mengonsumsi buah pisang setiap hari sangat berkhasiat dalam pemulihan penyakit tipes. Apalagi buah pisang ini mengandung pektin yang dapat memberikan energi dan mengobati diare gejala tipes. 

Agar pemulihan tipes lebih cepat, kamu harus mengonsumsi 2 hingga 3 buah pisang setiap hari atau bisa dengan mencampurkannya dengan yoghurt dan satu sendok teh madu. 

2. Buah Melon

Buah melon adalah buah yang baik untuk tipes dan mengandung rendah serat, dan dalam satu porsi melon berukuran 177 gram mengandung kurang lebih 64 kalori, 53 persen vitamin C dan 12 persen kalium. 

Pasalnya, dalam kandungan tersebut dapat membantu orang yang menderita sakit tipes untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya sehingga dapat mempercepat pemulihan. Tidak hanya itu, buah melon juga mengandung banyak air yang dapat  mengembalikan cairan tubuh yang hilang.

3. Buah Semangka

Buah yang baik untuk tipes lainnya adalah buah semangka karena dalam daging buahnya ini mengandung air. Maka tak heran apabila semangka yang mempunyai kandungan serat rendah ini sangat baik dikonsumsi oleh mereka yang sedang menderita sakit tipes. 

Hampir sama dengan buah melon, namun kadar serat rendah dalam semangka yang mengandung beragam nutrisi yakni vitamin A dan vitamin C. Selain itu buah semangka juga mengandung antioksidan yang tentunya sangat menyehatkan bagi tubuh.

Demikianlah tiga jenis buah yang baik dikonsumsi untuk penderita tipes. Semoga bermanfaat dan tetap sehat. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak