4 Gejala Umum Gangguan Mental, Kamu Pernah Merasakannya?

Budi Prathama
4 Gejala Umum Gangguan Mental, Kamu Pernah Merasakannya?
Ilustrasi orang yang mengalami gangguan mental. (Pixabay/@whoismargot)

Mental menjadi kajian yang menarik untuk diperbincangkan. Mengapa demikian? Karena apabila ada gangguan pada kesehatan mental jelas bisa menurunkan produktivitas, perasaan yang gak tenang, dan bahkan fisik pun akan ikut terganggu. Beberapa kondisi yang mungkin terjadi kalau mengalami gangguan jiwa atau mental meliputi suasana hati (mood), perilaku, dan kondisi seseorang. 

Memang penting bagi kita mengenali diri sendiri jangan sampai mengalami gangguan jiwa. Supaya itu gak jadi penyakit dalam hidup saat ingin menjadi manusia yang produktif. Terkait dengan itu, berikut setidaknya ada empat gejala umum seseorang mengalami gangguan jiwa atau mental seperti disadur dari akun instagram @mudahbergaul 

1. Ada penarikan diri dari lingkungan

Mulai muncul perilaku gak mau ketemu sama siapapun dan lebih sering memilih untuk menyendiri terus. Kondisi ini tentunya dapat memperlemah hubungan sosial, bisa mengurangi rasa empati, dan bisa juga hanya menjadikan manusia individualis yang radikalnya bisa saja tidak peduli lagi sama apa yang dirasakan oleh orang lain. 

2. Kesulitan buat konsentrasi

Setiap beraktivitas atau ngerjain sesuatu rasanya susah banget untuk fokus, gampang pusing, gampang kedistrak, dan pikiran pun akan kemana-mana. Namanya juga mengalami gangguan jiwa, maka tentu dapat mempengaruhi psikologis dan emosional yang tentunya sulit fokus ketika beraktivitas. 

BACA JUGA: Hina Netizen Stunting, Gita Savitri Panen Kecaman Sampai Jadi Trending Topic di Twitter

3. Penurunan mood atau perasaan

Ngerasain berbagai perasaan gak enak kayak sedih, galau, down, kecewa dalam jangka waktu yang lama. Umumnya kurang lebih sekitar dua minggu berturut-turut. Kondisi ini tentunya bisa membuat diri gak sehat dan tentu dapat menurunkan produktivitas. 

4. Minat beraktivitas mulai hilang

Rasanya mau ngapain aja malas, gak semangat, mager, gak ada minat, gak ada motivasi, dan gak ada energi. Bahkan ada yang sampai gak mau makan. Inilah salah satu efek yang sangat terasa ketika mengalami gangguan jiwa atau mental hingga akhirnya sangat malas untuk bekerja atau beraktivitas. 

Nah, itulah empat gejala umum orang yang mengalami gangguan mental. Namun perlu diingat bahwa itu semua belumlah pasti, dan itu masih menjadi gejala umumnya saja. Ketika mengalami gejala di atas, kalau memang gak bisa mengatasinya secara sendiri maka lebih baik untuk konsultasikan kepada orang profesional. 

Video yang Mungkin Anda Suka.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak