7 Bahan Makanan yang Tak Boleh Disimpan di Kulkas Beserta Alasannya

Aditya Prayogi
7 Bahan Makanan yang Tak Boleh Disimpan di Kulkas Beserta Alasannya
Ilustrasi kulkas. (Unsplash.com/ weibo Liu)

Kulkas memang menjadi andalan bagi semua orang untuk menyimpan berbagai bahan pangan supaya terhindar dari proses pembusukan bakteri dan jamur, sehingga dapat sedemikian mengurangi pembelian bahan-bahan yang tidak diperlukan dan langsung bisa diolah menjadi masakan. 

Meskipun begitu, terdapat beberapa jenis bahan pangan yang sangat tidak dianjurkan untuk disimpan di kulkas, karena hal ini justru dapat membuat tekstur, rasa, dan bau pada makanan menjadi tidak layak dikonsumsi. Dirangkum dari Southern living dan artikel lainnya, berikutnya adalah 7 bahan makanan yang tak boleh disimpan di Kulkas lengkap dengan alasannya!

1. Alpukat mentah

ilustrasi alpukat (pixabay/coyot)
ilustrasi alpukat (pixabay/coyot)

Menyimpan alpukat mentah di kulkas dapat memperlambat proses pematangannya, dan alih-alih matang dengan baik, justru akan membuat alpukat menjadi lembek, benyek dan bahkan tak layak dikonsumsi.

Jika kamu memang bermaksud menumpuk banyak alpukat untuk penggunaan mingguan, maka simpanlah di suhu ruangan. Hal ini akan membuat alpukat dapat bertahan selama 4-7 hari sebelum proses pembusukan. Usai dikonsumsi, namun menyisakan sedikit sisa pada alpukatmu, balutlah bagian yang terbuka itu menggunakan plastik atau tempatkan di wadah tertutup, kemudian taruh di lemari es. Ini akan membuat alpukat bertahan selama satu hari.

BACA JUGA: Ungkap Hubungannya dengan Ardie Bakrie di Masa Lalu, Manohara Posting Foto Anak Perempuan, Anaknya?

2. Kopi

ilustrasi minum kopi (stockpic/pixabay.com)
ilustrasi minum kopi (stockpic/pixabay.com)

Kopi harus dijauhkan dari segala macam tingkat kelembapan, jangan sampai terkena jamur atau merusak rasanya sebelum kamu sempat menyeduh semuanya. Simpanlah ke dalam wadah kedap udara di meja atau di lemari. Tetapi, kamu tetap dapat memasukan biji-biji kopi tersebut untuk digiling keesokan harinya demi menambahkan cita rasa, ini berlaku jika biji-bijinya disegel dengan benar dalam wadah kedap udara.

3. Kentang

potret kentang (pixabay/couleur)
potret kentang (pixabay/couleur)

Kentang termasuk bahan makanan yang cukup berbahaya untuk disimpan ke dalam kulkas, pasalnya kentang dapat mengandung toksisitas. Dilansir dari Recipe Times of India, Ketika kamu menyimpan kentang di lemari es, suhu dingin dapat mengubah pati yang ada dalam kentang menjadi gula, gula ini selanjutnya bereaksi dan menghasilkan rangsangan bahan kimia berbahaya yang dapat menyebabkan berbagai jenis kanker.

BACA JUGA: Blak-blakan Soal Nafkah, Mawar AFI Sindir Menohok Steno Ricardo: Kami Ngontrak Aja Patungan

4. Roti

ilustrasi dessert (pixabay/Daria-Yokovleva)
ilustrasi dessert (pixabay/Daria-Yokovleva)

Meskipun lemari es disebut-sebut sanggup membantu segala bahan makanan terhindar serangan jamur, namun kelembapan lemari es justru dapat mengeluarkan kelembapan dari roti itu sendiri, sehingga dapat sedemikian mengurangi cita rasa khas dari roti tersebut, menjadi hambar dan kering.

5. Pisang

gambar pisang (stevepb/pixabay.com)
gambar pisang (stevepb/pixabay.com)

Agar pisang memiliki cita rasa terbaik, sebaiknya disimpan pada suhu ruangan, terutama jika memerlukan pematangan yang lebih lama. Begitu pisang mulai berubah warna menjadi cokelat, segera konsumsi atau bekukan untuk nanti. Ketahuilah bahwa pisang dapat menyebabkan Buah-buahan terdekatnya matang lebih cepat, jadi atur sesuai kebutuhan, jangan diletakkan di sebelah alpukat, hal ini dipicu karena pisang melepaskan semacam gas etilen yang membuat makanan cepat matang.

BACA JUGA: Berapa sih Mas Kawin dari Anak Presiden? Intip Jumlah Mas Kawin Kaesang Pengarep yang Dispill Pihak KUA

6. Tomat

potret tomat (pixabay/nile)
potret tomat (pixabay/nile)

Hasil panen tomat segar harus disimpan di meja atau lemari, alih-alih kulkas. Suasana dingin dan lembap kulkas dapat memengaruhi tekstur tomat sebelum kamu sempat menggunakannya. Pastikan juga untuk menjauhkannya dari paparan sinar matahari langsung. 

Fakta uniknya, tomat ceri adalah satu-satunya varietas tomat yang cenderung tahan lama bila ditempatkan di kulkas tanpa membuatnya lembek atau membusuk terlalu cepat.

7. Madu

potret madu (pixabay/stevepb)
potret madu (pixabay/stevepb)

Suhu dingin dapat menyebabkan madu mengkristal lebih cepat dibandingkan jika disimpan di tempat yang gelap dan sejuk seperti dapur. Perlu diingat bahwa seiring berjalannya waktu, madu akan selalu mengkristal dan sulit untuk kembali ke wujud normalnya seperti sedia kala.

Itulah tadi 7 bahan makanan yang tak boleh disimpan dikulkas lengkap dengan alasannya. Nah, kamu dapat mencatat daftar berikut supaya bahan panganmu tetap memiliki kualitas yang segar.

Video yang mungkin kamu lewatkan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak