Perhatikan! 5 Cara Memilih Alat Kontrasepsi yang Tepat agar Tidak Kebobolan

Diana Retnasari
Perhatikan! 5 Cara Memilih Alat Kontrasepsi yang Tepat agar Tidak Kebobolan
Ilustrasi alat kontrasepsi (Freepik/jcomp)

Alat kontrasepsi memiliki peran yang sangat penting bagi pasangan suami istri yang berencana untuk menunda kehamilan dalam periode waktu yang telah disepakati. Namun perlu diingat bahwa memilih jenis alat kontrasepsi tidak boleh sembarangan dan harus tepat.

Memilih alat kontrasepsi harus dilakukan secara hati-hati dan menyeluruh dengan mempertimbangkan semua aspek penting lainnya. Hal tersebut bertujuan agar alat kontrasepsi yang digunakan tidak menimbulkan dampak buruk bagi pasangan di masa mendatang.

Dirangkum dari artikel Halodoc, berikut ini 5 faktor penting yang harus kalian pertimbangkan untuk memutuskan jenis alat kontrasepsi apa yang tepat dan efektif untuk menunda proses kehamilan.

1. Atur tujuan penggunaan

Penggunaan alat kontrasepsi tak cuma bertujuan untuk menunda kehamilan saja, beberapa pasangan juga berkomitmen untuk menggunakan alat tersebut demi terhindar dari penyakit menular seksual yang bisa menjangkit mereka.

BACA JUGA: Perceraian Syahrini Dispill Ibu Mertua, Reiko Barack Ungkap Permintaannya

Oleh karena itu dalam memilih jenis alat KB yang tepat, pastikan dulu tujuan yang ingin dicapai oleh pasangan saat menggunakan alat kontrasepsi tersebut.

2. Pertimbangkan waktu dan cara pemakaian

Beberapa jenis alat KB memiliki batas waktu dan cara pemakaian yang berbeda-beda. Misalnya pemakaian pil KB harus dikonsumsi di jam yang sama setiap harinya. Sementara itu jika memutuskan untuk pakai kondom, kalian harus tahu tahapan yang tepat untuk menggunakannya.

Pilihlah alat kontrasepsi yang mudah digunakan namun tetap memberi efek yang baik dan efektif dalam menunda kehamilan agar tidak berakibat fatal di masa depan.

3. Ketahui efek sampingnya

Setiap pemakaian dari alat kontrasepsi tentu memiliki efek samping yang menjadi risiko dari setiap pasangan. Hal tersebut juga sangat berpengaruh terhadap faktor keamanan dari alat tersebut jika digunakan dalam kondisi tertentu.

BACA JUGA: Sempat Dicap Kurus dan Menua, Penampilan Alyssa Soebandono Sekarang Jadi Sorotan

Oleh karena itu, pastikan untuk mencari tahu semua informasi termasuk faktor risiko dari setiap jenis alat KB sebelum menggunakannya untuk berhubungan intim dengan pasangan.

4. Sesuaikan dengan kondisi finansial pasangan

Jenis alat KB yang digunakan juga harus disesuaikan dengan kondisi finansial yang dimiliki oleh pasangan. Beberapa alat kontrasepsi dijual dengan harga yang cukup mahal sehingga untuk mendapatkannya pasti membutuhkan dana yang lumayan besar. Jadi sesuaikan dengan budget yang ada agar kebutuhan alat KB selalu terpenuhi.

5. Faktor usia

Terakhir, jangan lupa untuk perhatikan usia pasangan kalian dan pasangan sebelum memilih alat kontrasepsi. Beberapa alat KB dalam bentuk pil ternyata tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh wanita yang telah menginjak usia 45 tahun ke atas. Itulah 5 faktor penting yang harus diperhatikan dalam memilih jenis alat kontrasepsi bagi setiap pasangan.

Video yang mungkin kamu lewatkan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak