Bisa Jadi Peluang Usaha, Inilah 4 Cara Membuat Minyak VCO di Rumah!

Richa Apriyanto
Bisa Jadi Peluang Usaha, Inilah 4 Cara Membuat Minyak VCO di Rumah!
Ilustrasi manfaat minyak kelapa. (Pexels)

Minyak VCO adalah minyak yang terbuat dari kelapa murni dan diproses dengan metode fermentasi ataupun sentrifugasi tanpa melibatkan proses pemanasan.

Minyak VCO dikenal dengan khasiatnya untuk kesehatan. Bersumber dari hellosehat.com Minyak VCO memiliki banyak manfaat seperti mempertajam fungsi kognitif, membunuh mikroorganisme berbahaya, mengurangi frekuensi kejang, mempermudah proses pencernaan, dan membantu menurunkan berat badan.

Nah karena manfaatnya yang begitu banyak, maka banyak orang yang kemudian menggunakan minyak VCO ini. Minyak VCO banyak dijual di toko online maupun offline. 

Baca Juga: 5 Jenis Meditasi yang Cocok Dilakukan di Rumah, Sesuaikan dengan Kebutuhan

Daripada membeli mengapa kita tidak mencoba untuk membuat minyak VCO sendiri di rumah? Padahal caranya cukup mudah loh, siapa tahu bisa menambah pemasukan kalian. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat minyak VCO.

1. Parut kelapa

Langkah awal yang harus dilakukan adalah memarut kelapa. Pilihlah kelapa yang sudah benar-benar tua, karena jika menggunakan kelapa yang belum tua sempurna, nanti santannya tidak akan keluar.

2. Ambil santan

Setelah kelapa sudah diparut, langkah selanjutnya adalah mengambil santannya. Caranya adalah dengan memeras-meras parutan kelapa tadi di atas saringan, sambil ditambahkan air hangat. Dibawah saringan sediakan baskom untuk menampung air santan hasil perasan.

Baca Juga: Kamu Perlu Tahu! Ini 5 Tips Untuk Bangun Disiplin Diri sebagai Freelancer

3. Masukkan santan dalam plastik

Setelah santan sudah didapatkan, langkah selanjutnya adalah memasukkan santan tersebut kedalam sebuah plastik. Sebenarnya tidak harus menggunakan plastik, bisa juga menggunakan toples yang ada tutupnya.

Jika sudah dimasukkan, tutup rapat dan diamkan selama 4-7 jam. Lihatlah, jika sudah nampak santan dan air terpisah maka langkah selanjutnya bisa dimulai.

4. Pisahkan santan dan air

Baca Juga: Perhatikan! 5 Cara Memilih Alat Kontrasepsi yang Tepat agar Tidak Kebobolan

Jika sudah terpisah, buang air yang sudah terpisah dengan santan. Jika air sudah di buang, diamkan santan tersebut dalam plastik selama kurang lebih 24 jam.

Setelah kurang lebih 24 jam, santan dan minyak akan terpisah dengan sendirinya. Ambil minyak yang sudah terpisah tadi dengan menusukkan sedotan ke plastik. Atau bisa juga kamu saring dengan kain dan kapas.

Jika minyak dan sisa santan yang menggumpal sudah terpisah, maka minyak VCO sudah berhasil dibuat. Jika minyak yang kalian hasilkan tidak putih jernih, kalian bisa menyaringnya lagi dengan kapas. Pasti nanti hasilnya akan lebih jernih, hanya saja penyaringan membutuhkan waktu yang agak lama.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak