5 Langkah Mengobati Sengatan Tawon Secara Alami agar Tidak Bengkak

Diana Retnasari
5 Langkah Mengobati Sengatan Tawon Secara Alami agar Tidak Bengkak
Ilustrasi tawon yang akan menyengat manusia (Freepik/wirestock)

Setiap orang pasti pernah disengat tawon setidaknya sekali seumur hidup. Sengatan hewan satu ini memang terasa sangat menyakitkan dan kemungkinan menimbulkan alergi pada bagian tubuh yang disengat.

Tawon atau lebah merupakan salah satu hewan yang memiliki alat perlindungan diri berupa sengatan yang bisa digunakan ketika dirinya sedang berada dalam posisi terancam.

BACA JUGA: Tak Cuma Kopi Sachet, Bayi 7 Bulan Ini Ternyata Diberi Susu Kental Manis Hingga Ayam dan Nasi Pedas Oleh Ibunya

Efek sengatan tawon ini bisa hilang dan sembuh dengan sendirinya. Namun perlu diketahui bahwa bagi sebagian orang, sengatan tersebut bisa mengakibatkan bengkak, alergi, hingga kondisi lain yang membahayakan.

Lantas apakah ada langkah alternatif yang bisa dilakukan untuk mengobati bagian tubuh yang tersengat lebah? Dirangkum dari laman Alodokter, berikut ini 5 langkah mudah yang bisa mengobati sengatan lebah.

1. Segera keluarkan duri sengat

Ketika salah satu bagian tubuh disengat oleh lebah, maka duri sengat yang ditancapkan oleh hewan tersebut akan tertinggal di permukaan kulit.

Duri tersebut harus segera dikeluarkan dari kulit agar efek sengatan lebah bisa diminimalisir. Mengapa demikian? Karena jika duri sengat tidak segera dikeluarkan, maka racun yang menempel di duri tersebut akan semakin menyebar ke dalam kulit.

2. Jangan lupa melepas perhiasan atau aksesoris

Jika sengatan lebah terjadi di bagian tangan, segera lepaskan aksesoris atau perhiasan yang menempel di bagian tubuh tersebut.

Seperti yang kita tahu, sengatan lebah bisa menyebabkan pembengkakan pada area tubuh yang disengat. Jadi sebelum area tersebut membengkak, sebaiknya lepaskan dahulu semua aksesoris yang menempel disana.

3. Kompres bagian tubuh yang disengat dengan es batu

Kompres dingin menggunakan es batu bisa menjadi alternatif untuk mengurangi efek sengatan lebah pada bagian tubuh. Pertama-tama, ambil bongkahan es batu secukupnya dan bungkus dengan kain bersih.

BACA JUGA: Rachel Vennya Ngaku Cuma Bisa BAB 2 Kali Seminggu dan Terasa Sakit, Normal Gak Sih Itu?

Selanjutnya kompres bagian tubuh yang tersengat lebah dalam kurun waktu 20 menit. Cara ini bisa kalian lakukan untuk mengurangi rasa nyeri dan mencegah agar bengkak di tubuh tidak semakin besar.

4. Jaga kebersihan area kulit yang disengat

Sengatan lebah pasti akan menimbulkan luka. Ukurannya bisa kecil atau besar, tergantung dari seberapa parah sengatan yang terjadi.

Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan area luka pada kulit yang tersengat lebah. Tujuannya tidak lain adalah untuk mencegah terjadinya infeksi.

5. Minum obat pereda nyeri

Jika keempat langkah sebelumnya masih belum mampu mengobati sengatan lebah secara maksimal, kalian bisa mengurangi rasa sakitnya dengan minum obat pereda nyeri misalnya paracetamol.

Sementara itu jika area kulit yang terkena sengatan terasa gatal, kalian bisa memanfaatkan baking soda atau salep yang mengandung antihistamin sesuai dengan anjuran dokter. Nah itulah lima langkah mudah untuk mengobati sengatan tawon pada bagian tubuh. Semoga bermanfaat.

Cek berita dan artikel lainnya di GOOGLE NEWS

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak