5 Variasi Topping Roti Tawar Sehat untuk Sarapan Pagi, Mudah dan Enak!

Rizka Utami Rahmi
5 Variasi Topping Roti Tawar Sehat untuk Sarapan Pagi, Mudah dan Enak!
Ilustrasi sarapan roti tawar dengan topping alpukat dan telur (Freepik.com/freepik)

Sarapan menjadi salah satu hal rutin yang harus dilakukan setiap pagi. Perut yang kosong selama berjam-jam saat tidur malam membutuhkan asupan agar kembali bertenaga dalam memulai aktivitas di pagi hari.

Banyak sekali makanan yang bisa dijadikan menu sarapan, salah satunya roti tawar. Terkadang sarapan roti menggunakan aneka selai atau dijadikan sandwich membuat kita bosan. Lalu, adakah alternatif topping roti tawar selain menggunakan aneka selai?

BACA JUGA: 5 Bahaya Melewatkan Sarapan bagi Kesehatan Tubuh

Berikut ini ada variasi topping roti tawar sehat seperti yang dilansir dari British Heart Foundation di bawah ini.

1. Alpukat dan keju

Alpukat bisa dijadikan sebagai alternatif topping roti tawar untuk sarapan Anda. Dalam alpukat mengandung banyak sekali nutrisi seperti protein, vitamin E, vitamin C, kalium dan lain sebagainya.

Tambahkan keju agar terasa lebih nikmat. Anda bisa menghaluskan alpukat terlebih dahulu ataupun memotongnya tipis-tipis. Menggunakan alpukat tentunya jauh lebih sehat dibanding selai supermarket yang menggunakan pemanis serta perasa buatan.

2. Pisang 

Selain buah alpukat, Anda juga bisa menggunakan pisang sebagai topping roti yang sehat. Pisang mengandung serat, protein, vitamin C, kalium dan lain sebagainya.

Pisang memiliki rasa manis alami yang bisa membuat sarapan terasa lebih nikmat. Campurkan dengan sedikit kayu manis bubuk agar menambah aroma dan cita rasa.

3. Stroberi dan yogurt

Anda bisa menggunakan aneka buah berry untuk dijadikan topping roti tawar sebagai sarapan. Stroberi mengandung serat, protein, kalsium, folat dan lain sebagainya, sedangkan yogurt mengandung protein, probiotik dan juga kalsium. 

Stroberi dan yogurt rendah lemak atau greek yogurt bisa Anda gabungkan ke dalam menu sarapan roti tawar Anda. Rasanya sangat nikmat dan segar!

BACA JUGA: 4 Daftar Makanan yang Harus Kamu Hindari Ketika Sarapan

4. Selai kacang buatan sendiri

Buatlah sendiri di rumah selai kacang yang menjadi favorit Anda. Selai kacang mengandung protein, serat, magnesium, lemak jenuh dan lain sebagainya.

Tanpa tambahan garam, gula atau minyak, selai kacang menjadi jauh lebih sehat dibanding Amda membelinya di supermarket.

5. Telur

Salah satu bahan makanan yang mudah didapatkan adalah telur. Anda bisa menggunakan telur sebagai topping untuk menu sarapan roti tawar Anda.

Telur mengandung protein, karbohidrat, vitamin B12 dan lain sebagainya. Jika ingin lebih sehat, rebus telur lalu potong menjadi beberapa bagian.

Demikian tadi variasi topping roti tawar yang bisa Anda jadikan inspirasi untuk menu sarapan sehat Anda. Masih banyak lagi topping sehat yang bisa Anda gunakan, seperti madu, biji chia, aneka selai berry buatan sendiri dan lain sebagainya. Yuk mulai hidup sehat dengan menu sarapan rumahan yang lebih sehat!

Cek berita dan artikel lainnya di GOOGLE NEWS

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak