5 Akibat Jika Berat Badan Tidak Ideal, Cek Berat Badanmu Sekarang!

oce blue
5 Akibat Jika Berat Badan Tidak Ideal, Cek Berat Badanmu Sekarang!
Ilustrasi berat badan. (Pixabay/geralt)

Remaja dan orang dewasa di masa sekarang berlomba-lomba untuk memiliki berat badan ideal. Bahkan mereka juga tidak segan jika harus olahraga rutin dan diet ketat.

Mereka melakukan hal ini tentunya bukan tanpa alasan. Selain untuk menjaga berat badan tetap ideal, mereka juga menghindari hal-hal yang tidak diinginkan karena berat badan tidak ideal. 

Berat badan menjadi persoalan penting bagi kesehatan. Banyak orang ingin mempunyai tubuh yang ramping. Namun, jika tubuh terlalu kurus dan juga terlalu gemuk juga tidak baik.

Dilansir dari halodoc dan hellosehat.com, berikut ini ada 5 dampak dari berat badan yang tidak ideal. Berikut di antaranya:

BACA JUGA: Lesti Kejora Disebut Makin Kurus, Kenali Yuk Berbagai Risiko yang Mengintai Jika Tubuh Terlalu Kurus

1. Perubahan hormon

Hal pertama dampak dari tubuh yang kurang ideal atau terlalu kurus adalah terganggunya hormon-hormon penting yang ada di dalam tubuh kita.

Contohnya adalah hormon reproduksi pada wanita. Jika hormon tersebut kurang sehat, maka wanita tersebut menstruasi dengan jadwal yang tidak teratur. Jadi, jangan malas untuk makan tiga kali sehari, ya. 

2. Rentan sakit

Yap, kalian saat sakit pasti seringkali berat badan turun. Jika berat badan kita kurang dari berat badan ideal, kita menjadi mudah sakit. Hal ini disebabkan karena orang yang terlalu kurus kekurangan asupan kalori, protein, dan antioksidan.

BACA JUGA: Jangan Sampai Salah! Begini Cara Mengukur Berat Badan Ideal yang Benar

Padahal semua itu sangat diperlukan untuk sistem kekebalan tubuh. Maka dari itu, kita harus senantiasa makan makanan bergizi agar imun tubuh kita kuat. 

3. Hipertensi

Dampak selanjutnya dari berat badan yang kurang ideal adalah hipertensi/ tekanan darah tinggi. Hal ini harus diwaspadai oleh orang yang memiliki berat badan berlebih. Hipertensi disebabkan karena meningkatnya tekanan darah Perifer. 

4. Nyeri persendian otot dan kaki

Persendian yang nyeri tentunya membuat kita merasa sangat tidak nyaman. Nah, salah satu dampak dari berat badan berlebih adalah nyeri pada persendian otot dan kaki. Hal ini terjadi karena berat badan yang menambah beban atau tekanan pada lutut dan pergelangan kaki. 

BACA JUGA: 5 Variasi Topping Roti Tawar Sehat untuk Sarapan Pagi, Mudah dan Enak!

5. Mendengkur

Mungkin hal ini terdengar sederhana karena mendengkur adalah hal yang wajar. Namun, dibalik opini tersebut ternyata ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Kelebihan berat badan akan berdampak orang tersebut menjadi sering mendengkur sewaktu tidur. Hal ini dikarenakan jaringan lemak pada leher menekan saluran pernapasan bagian atas, terutama saat berbaring. 

Setelah mengetahui dampak-dampak dari berat badan yang tidak ideal, seharusnya kita lebih peduli lagi terhadap kesehatan diri. Jangan terlalu banyak makan dan jangan malas makan.

Kesehatan tubuh menjadi hal paling penting. Jika kita tidak sehat, tentunya semua aktivitas yang kita lakukan menjadi kurang maksimal. 

Cek berita dan artikel lainnya di GOOGLE NEWS

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak