5 Jenis Makanan untuk Mencegah Kanker Payudara, Ada Favoritmu?

Nayu Lydia
5 Jenis Makanan untuk Mencegah Kanker Payudara, Ada Favoritmu?
Ilustrasi sayuran (pexels/yaroslav shuraev)

Kanker payudara disebut juga Carcinoma mammae, yaitu merupakan sebuah kanker yang terbentuk di sel-sel payudara yang terdapat pada wanita. 

Kanker payudara berasal dari sel-sel abnormal pada payudara yang tumbuh membentuk benjolan dan dapat dirasakan ketika diraba. Benjolan tersebut disebut dengan tumor. Tumor dibedakan menjadi dua jenis, bersifat jinak atau kanker. 

Untuk menghindari tumbuhnya kanker payudara. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya kanker payudara, salah satunya menjalani pola hidup sehat yang meliputi rutin berolahraga, tidur cukup dan menjaga pola makan.

Mengutip dari Halodoc.com, berikut beberapa jenis makanan yang dipercaya dapat mencegah kanker payudara dan baik untuk dikonsumsi.

1. Tomat, wortel dan jeruk

Tomat, wortel dan jeruk memiliki kandungan karotenoid yang tinggi, yaitu pigmen berwarna merah, oranye terang dan kuning. Senyawa tersebut mengandung antioksidan tinggi yang dapat membantu tubuh melawan radikal bebas pemicu kanker payudara, melindungi membran sel dari kerusakan toksin (zat racun) dan memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Tak hanya tiga buah di atas, buah lain pencegah kanker yang direkomendasikan adalah mangga, jambu biji, ubi manis, semangka dan labu. Selain harganya yang cukup terjangkau, buah-buahan tersebut mudah di dapatkan di pasaran maupun minimarket terdekat.

2. Kedelai

Kandungan protein, vitamin, lemak sehat dan mineral yang terdapat pada kedelai sangat baik dikonsumsi guna mencegah kanker payudara. 

Tak hanya itu, kandungan lain seperti antioksidan bernama isoflavon juga terdapat pada kedelai. Penderita kanker payudara yang rutin mengonsumsi kedelai berpotensi dapat menurunkan risiko kematian.

Kandungan kedelai tersebut bisa didapatkan melalui berbagai olahan makanan, seperti tempe, tahu dan susu kedelai.

BACA JUGA: 4 Produk Menstruasi yang Bisa Kamu Gunakan, Tak Hanya Pembalut

3. Sayuran berbonggol

Brokoli, sawi hijau, kembang kol dan kubis merupakan jenis sayuran berbonggol yang dapat mencegah kanker payudara. Beberapa sayuran berbonggol tersebut kaya akan glukosinolat dan antioksidan yang berfungsi melindungi sel dalam tubuh dari kerusakan DNA.

Senyawa tersebut dapat membunuh sel kanker dengan menghambat pembentukan pembuluh darah tumor sehingga metastasis sel kanker dapat dicegah.

Pengolahan sayur berbonggol pun beragam, bisa dikonsumsi sebagai lalapan maupun lauk untuk tumis.

4. Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh yang meliputi beras merah, beras hitam, jagung, gandum dan sorgum adalah jenis makanan yang tidak melewati banyak proses kimiawi, sehingga nutrisi di dalamnya masih padat dan tidak terkikis oleh bahan kimia dan tentunya lebih sehat untuk dikonsumsi. 

Sejumlah nutrisi yang terdapat pada bijian-bijian tersebut, yaitu karbohidrat kompleks, fitokimia, vitamin, serat dan mineral. Salah satu manfaat serat tinggi pada biji-bijian berfungsi mengubah kerja hormon pada pengidap kanker payudara.

5. Sayuran hijau

Bayam, lobak, selada maupun kale merupakan sayuran hijau yang mengandung serat dan antioksidan tinggi yang berfungsi untuk membantu tubuh melawan efek radikal bebas pemicu kanker.

Untuk pencegahan yang baik disarankan mengonsumsi sayuran hijau secara rutin. Jadi, jangan lupa untuk selalu menyediakan sayuran hijau untuk lauk makan sehari-hari ya.

Itulah 5 jenis makanan untuk mencegah kanker payudara. Tetap jaga pola hidup yang sehat agar terhindar dari berbagai penyakit yang bisa menyerang kapan saja.

Cek berita dan artikel lainnya di GOOGLE NEWS

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Ayu Nabila

Tampilkan lebih banyak