facebook

Mengenal Lebih Dalam Tentang Psikologi Kesehatan

Luna
Mengenal Lebih Dalam Tentang Psikologi Kesehatan
Ilustrasi Psikologi .

Kesehatan itu sangatlah berharga, baik fisik maupun juga mental dan juga pikiran. Kesehatan fisik dan mental ini keduanya saling berkaitan karena saling mempengaruhi. Bila kondisi fisik kurang sehat tentu akan mempengaruhi kondisi psikis seseorang.

Apalagi bila seseorang sedang mengalami gangguan kesehatan yang cukup serius, dengan sendirinya psikis juga akan ikut terganggu. Kondisi psikis yang terganggu ini kalau dibiarkan akan berakibat fatal.

Untuk mengatasinya maka diperlukan sebuah pengetahuan yang berkaitan dengan masalah kesehatan psikis yang disebut dengan psikologi.

Sekilas Tentang Psikologi

Sebelum lebih dalam mengenal tentang psikologi kesehatan, ada baiknya sekilas mengenal tentang psikologi. Lalu apa sih yang sebenarnya disebut dengan psikologi? Bagi sebagian orang ada yang menafsirkan istilah ini sangat  identik dengan gangguan mental. Kenyataanya kondisi yang sebenarnya bukanlah demikian.

Jadi yang disebut dengan psikologi itu adalah sebuah disiplin ilmu yang khusus mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan kondisi mental, pikiran maupun perilaku seseorang. Secara lebih sederhana yang disebut dengan psikologis ini adalah sebuah disiplin ilmu yang mengajarkan bagaimana untuk memahami orang lain.

Manfaat Ilmu Psikologi

Mempelajari ilmu dalam bidang psikologi ini memiliki banyak sekali manfaat, terutama yang berkaitan dengan psikologi kesehatan. Berikut ini ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh ketika mempelajari tentang ilmu psikologi.

  • Lebih memudahkan untuk memahami orang lain dengan baik
  • Bisa mengenali kelebihan dan kelemahan diri
  • Mempertajam ingatan
  • Terciptanya komunikasi yang baik

Banyaknya manfaat ilmu psikologi kesehatan tersebut, maka seseorang akan lebih mudah memahami orang lain. Karena itu dengan mempelajari ilmu psikologi  dapat digunakan untuk menyelesaikan berbagai hal yang berhubungan dengan  masalah psikis seseorang akibat karena mengalami gangguan kesehatan.

Sebenarnya Apa Sih yang Disebut dengan Psikologi Kesehatan ?

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa apa yang disebut dengan psikologi kesehatan adalah sebuah bidang keilmuan yang khusus mempelajari tentang tingkah laku seseorang. Dalam hal ini tingkah laku atau faktor yang lainnya yang dapat mempengaruhi gangguan kesehatan.

Beberapa Penanganan yang Dapat Dilakukan dengan Psikologi

Biasanya seseorang yang mengalami gangguan penyakit berat akan lebih rentan mengalami gangguan psikologi. Dalam hal ini maka ilmu psikologi kesehatan yang akan dipakai untuk mengatasi maupun mencari jalan keluarnya. Berikut ini secara keseluruhan psikologi kesehatan dapat digunakan untuk menangani berbagai gangguan  berikut

  • Pengaturan berat badan
  • Peningkatan nutrisi
  • Psikologi kesehatan juga dapat mengurangi stress
  • Mencegah timbulnya penyakit
  • Memberikan pengertian tentang gambaran penyakit
  • Lebih cepat pulih
  • Memberikan cara penanganan penyakit dan lainnya

Antara Psikologi Dengan Kesehatan Mempunyai Hubungan yang Erat

Meskipun pada dasarnya banyak faktor yang dapat mempengaruhi kondisi kesehatan seseorang, namun faktor psikologis biasanya paling dominan. Sehingga dapat lebih cepat membuat kondisi kesehatan seseorang bisa menurun dengan sangat drastis dan bahkan bisa mengakibatkan kematian.

Dengan demikian korelasi antara psikologi dengan kesehatan sangatlah erat. Karena psikologi kesehatan ini akan lebih mengutamakan untuk meningkatkan kesehatan. Dalam hal ini meliputi masalah pencegahan, pengobatan maupun reaksi seseorang dalam hal penyembuhan penyakit.

Biasanya ada beberapa jenis gangguan kesehatan yang dapat mempengaruhi kondisi psikologis penderitanya. Berikut ini ada beberapa jenis gangguan penyakit yang mempunyai hubungan sangat erat dengan kondisi psikologis penderitanya.

  1. Gangguan penyakit jantung
    Biasanya seseorang yang divonis dokter mengidap gangguan penyakit jantung, kondisi psikologisnya juga akan terpengaruh. Hal ini yang kemudian justru dapat memperburuk keadaan. Karena itu psikologi kesehatan ini akan dapat membantu perilaku penderita jenis gangguan penyakit yang satu ini.
  2. Gangguan penyakit stroke
    Bila terkena serangan stroke biasanya kondisi psikologis penderita stroke juga akan mengalami gangguan. Apalagi bila gangguan stroke yang dialaminya tergolong parah dan sampai mengakibatkan kelumpuhan. Sehingga penderitanya tidak dapat melakukan aktivitas apapun.
  3. Penyakit kanker
    Jenis gangguan penyakit lainnya yang dapat mempengaruhi psikologis kesehatan penderitanya adalah penyakit kanker. Gangguan jenis penyakit yang satu ini biasanya sangat cepat mempengaruhi kondisi psikologis kesehatan penderitanya. Apalagi bila ternyata sudah masuk stadium akhir.

Psikologi Itu Meliputi Apa Saja?

Psikologi ini secara spesifik sebenarnya meliputi berbagai bidang keilmuan. Lalu bagaimana sih pembagian tentang ilmu psikologi tersebut? Berikut ini beberapa pembagian tentang ilmu psikologi secara umum, yuk disimak ulasannya.

  1. Psikologi klinis
    Psikologi klinis ini merupakan ilmu psikologi kesehatan yang khusus mempelajari berbagai masalah yang dialami seseorang secara mendetail. Dalam hal ini semua permasalahan yang berhubungan dengan kesehatan mental akan ditangani dengan detail. Mulai pernyakit yang sepele hingga yang berat.

  2. Psikologi umum
    Psikologi umum ini adalah ilmu psikologi yang khusus melakukan penanganan masalah dengan cara melakukan eksperimen. Ilmu psikologi umum ini yang mengajarkan tentang beberapa hal yaitu masalah penelitian, metodologi, korespondensi, penggunaan alat ukur psikologi dan lainnya.

  3. Psikologi pendidikan
    Berbeda dengan psikologi kesehatan, psikologi pendidikan yaitu ilmu psikologi yang melakukan berbagai penanganan gangguan dengan cara fokus menggunakan pendidikan yang disesuaikan dengan usia tertentu. Selain itu bisa juga menggunakan populasi tertentu seperti perbedaan cara pembelajaran antara anak anak berkebutuhan khusus.

  4. Psikologi perkembangan
    Psikologi perkembangan ini merupakan ilmu psikologi untuk mengatasi berbagai gangguan yang difokuskan pada perkembangan mentalnya. Diantaranya yaitu  perkembangan mulai dari anak anak sampai orang dewasa. Jenis psikologi perkembangan ini yang fokus mempelajari mengenai perkembangan anak dan lainnya.

  5. Psikologi sosial
    Selain psikologi kesehatan ada juga Ilmu psikologi sosial biasanya fokus pada manusia sebagai makhluk sosial. Psikologi sosial ini meliputi beberapa jenis bidang kajian. Diantaranya adalah psikologi massa, resolusi konflik dan lainnya. Psikologi sosial ini dapat untuk melakukan perhitungan banyaknya peserta demonstrasi atau yang lainnya.

  6. Psikologi industri
    Psikologi industri ini merupakan ilmu psikologi yang difokuskan untuk menangani berbagai permasalahan mengenai manajemen sumber daya manusia dalam pekerjaan. Psikologis industri ini sangat cocok untuk menangani berbagai jenis permasalahan maupun konflik yang timbul dalam sebuah perusahaan.

Dari beberapa jenis pilihan psikologi tersebut, seseorang dapat memilih salah satunya yang dapat disesuaikan dengan bidang keilmuan yang digeluti. Diantaranya adalah psikologi kesehatan seperti psikologi klinis atau lainnya.

Selanjutnya setelah pilihannya sesuai dengan keinginan dan cita-cita, maka langkah selanjutnya segeralah untuk melakukan penyesuaian,

Peranan Psikologi Dalam Kehidupan

Selain memberikan berbagai penanganan gangguan psikologis, psikologi kesehatan juga mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan. Masing masing jenis pilihan psikologi kesehatan dapat memberikan berbagai penanganan gangguan psikologis yang banyak dialami seseorang yang mengalami gangguan penyakit berat.

Untuk menangani berbagai gangguan kesehatan yang dialami seseorang yang sedang menderita gangguan penyakit berat atau menular biasanya psikologi dan bidang kesehatan bekerjasama dengan seorang psikiater. Bisa juga dengan dokter yang merawat pasien tersebut. Kerjasama ini dilakukan bila pasien memerlukan psikoterapi dan juga pengobatan.

Demikian informasi dan penjelasan mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan masalah psikologi kesehatan. Semoga dapat bermanfaat terutama bagi yang ingin melanjutkan kuliah dan mengambil jurusan psikologi.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak