facebook

5 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Kucing Kesayanganmu

Calvin Vadero
5 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Kucing Kesayanganmu
Kucing Peliharaan (Foto: Unsplash.com/calvin)

Pemilik hewan peliharaan sering memperhatikan bahwa hewan peliharaan mereka lebih memilih makanan untuk manusia daripada makanan yang dibuat untuk hewan peliharaan. Kita sering melihat seekor anjing duduk di bawah meja makan dan meminta-minta makanan.

Kucing tidak pernah mengemis, mereka mencuri! Mungkin terlihat lucu jika tidak berbahaya. Ada sejumlah produk yang sehat bagi manusia namun beracun dan berbahaya bagi hewan.

Berikut adalah daftar 5 makanan yang tidak boleh kamu berikan kepada kucing kamu.

1. Bawang

Disadur dari hillspet.co.id,hindari memberi makan kucing kamu dengan makanan yang mengandung bawang. Sulfoksida dan disulfida adalah dua komponen yang merusak sel darah merah dan mungkin menjadi penyebab anemia. Masalah yang sama disebabkan oleh bubuk bawang dan rempah-rempah yang mengandungnya sebagai salah satu bahannya. Baca labelnya!

2. Telur mentah

Bahkan manusia tidak boleh mengkonsumsi telur mentah kecuali ada jaminan tidak mengandung bakteri apapun. Kucing juga sensitif terhadap makanan ini.

Disadur dari vets-now.com,  selain berisiko sangat tinggi terkena salmonella dan E.coli, telur juga mengandung avidin. Zat ini tidak membiarkan vitamin B, yang diperlukan untuk kucing, menyerap dengan baik.

3. Kafein

Membiarkan kucing kamu berbagi kopi atau teh sama sekali tidak dapat diterima. Disadur dari wmnlife.com, produk makanan dan minuman yang mengandung kafein tidak baik untuk kucing. Kafein menyebabkan buang air kecil berlebihan yang menyebabkan dehidrasi. Ini juga mempengaruhi sistem saraf dan jantung.

Cokelat bahkan lebih buruk karena, selain kafein, mengandung theobromine, yang terakhir mampu membunuh hewan peliharaan kamu.

4. Tulang

Makanan paling berbahaya untuk diberikan kepada kucing kamu adalah tulang. Tulang tidak beracun namun dapat menyebabkan masalah serius, seperti obstruksi usus dan laserasi internal.

Kucing juga bisa tersedak tulang mentah. Tulang unggas juga harus dihindari. Tulang yang dilumuri lemak pasti akan menyebabkan masalah usus dan pencernaan yang akan mengakibatkan kucing kamu mengalami diare atau muntah-muntah.

5. Alpukat

Disadur dari Alpukat adalah buah yang mengandung persin. Toksin fungisida ini tidak berbahaya bagi manusia, tetapi sangat beracun bagi semua hewan peliharaan. Seluruh alpukat beracun. Jangan biarkan hewan peliharaan kamu bermain dengan lubang atau cangkang alpukat.

Jika dikonsumsi dalam jumlah besar, alpukat dapat menyebabkan masalah pernapasan, penumpukan cairan di sekitar jantung, dan masalah pencernaan. Salah satu masalah kesehatan yang disebutkan di atas dapat menyebabkan kematian.

Itulah beberapa makanan yang tidak boleh kamu berikan kepada kucing kesayanganmu. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak