facebook

5 Jenis Donburi, Rice Bowl Jepang yang Enak dan Bikin Kenyang, Wajib Coba!

Desyta Rina Marta Guritno
5 Jenis Donburi, Rice Bowl Jepang yang Enak dan Bikin Kenyang, Wajib Coba!
Ilustrasi donburi (Pixabay/IppikiOokami)

Siapa yang suka makan makanan Jepang? Makanan dari Negeri Sakura memang tidak pernah membosankan. Salah satu makanan Jepang yang patut dicoba adalah Donburi. Donburi adalah hidangan berupa nasi putih dengan berbagai macam lauk, kemudian disajikan dalam mangkuk besar menjadikan donburi disebut sebagai rice bowl-nya Jepang.

Donburi ini cocok untuk orang Indonesia karena berbahan dasar nasi, lauknya pun tidak memakai banyak bumbu asing sehingga pas di lidah orang Indonesia. Selain mengenyangkan donburi juga mudah dibuat dan dikreasikan dengan bahan sesuai keinginan.

Donburi memiliki beragam jenis, berikut adalah lima jenis donburi yang nikmat dan patut dicoba:

1. Oyakodon

Oyakodon (Pixabay/PublicDomainPictures)
Oyakodon (Pixabay/PublicDomainPictures)

Oyakodon adalah jenis donburi yang simpel namun tetap enak. Lauknya berupa sup yang diisi dengan telur, irisan daun bawang, dan daging ayam suwir. Kuah tersebut diberi bumbu berupa kaldu dan kecap. Oyakodon yang disajikan hangat-hangat lebih nikmat.

2. Katsudon

Katsudon (Pixabay/Inain336)
Katsudon (Pixabay/Inain336)

Katsudon adalah jenis donburi dimana lauknya berupa potongan daging, telur, dan sayuran. Di Jepang daging yang digunakan di hidangan katsudon adalah daging babi, tapi juga bisa diganti dengan daging ayam atau sapi. Katsudon disajikan dengan saus Worcestershire dan kecap.

3. Unadon

Unadon (Pixabay/gumigasuki)
Unadon (Pixabay/gumigasuki)

Di Jepang, lauk yang dipakai dalam Unadon adalah daging unagi atau belut Jepang yang dimasak dengan cara membumbuinya dengan kecap, mirin, sake, dan gula, kemudian dibakar. Akan tetapi, guna menghindari alkohol bumbu tersebut bisa diganti menggunakan mirin jenis halal dan tidak menggunakan sake.

4. Tekkadon

Tekkadon (Pixabay/ichimi)
Tekkadon (Pixabay/ichimi)

Menu ini cocok banget buat kamu pecinta sashimi. Tekkadon adalah jenis donburi yang diberi topping lauk berupa irisan daging tuna segar atau sashimi. Bumbu yang disajikan bersama tekkadon adalah saus jeruk pedas yang diberi tambahan daun bawang.

5. Gyudon

Gyudon (Pixabay/takedahrs)
Gyudon (Pixabay/takedahrs)

Gyudon adalah salah satu jenis donburi yang paling digemari. Lauknya berupa irisan daging sapi yang dibumbui dengan kecap asin, bawang bombay cabai, dll. Daging sapi bagian perut yang empuk dengan citarasa manis, pedas, dan gurih, nikmat disantap dengan nasi hangat.

Itulah lima jenis donburi, rice bowl ala Jepang yang patut dicoba. Tertarik mencoba yang mana?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak