facebook

Dari Satu Hobi Bisa Ciptakan Tiga Hobi Baru di Masa Pandemi

Adira Putri Aliffa
Dari Satu Hobi Bisa Ciptakan Tiga Hobi Baru di Masa Pandemi
Ilustrasi seseorang yang tengah melakukan hobinya di masa pandemi. (Pexels.com)

Selama pandemi masih menyelimuti, banyak alternatif hobi baru yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu. Banyak orang yang meluangkan waktunya untuk menjalani hobi tersebut, termasuk saya sendiri. Selama pandemi saya memiliki tiga hobi baru yang di mana bercabang dari hobi lama saya. Kok bisa? Begini, dari dulu saya sangat suka menulis. Bagi saya menulis adalah kegiatan yang menenangkan pikiran juga perasaan. Setiap hari saya selalu menulis di mana pun dan sekecil apa pun, baik itu di media sosial pribadi, laptop, dan notes di handphone. Saya menulis tentang hal apa pun, entah hal yang menyedihkan, menyenangkan, bahkan hal yang saya sendiri tak tahu itu menyedihkan atau menyenangkan. Itulah kelebihan menulis, selalu bisa mengekspresikan berbagai macam perasaan bahkan yang rumit sekalipun. 

Saat pandemi menyerang, tak disangka dari satu hobi saya yaitu, menulis, malah bisa menciptakan tiga hobi baru yang masih terus saya selami sampai sekarang. Tiga hobi baru tersebut adalah membuat konten di akun khusus berbagi kata di Instagram, membuat podcast di Spotify dan membuat artikel di website Yoursay. Padahal sebelumnya saya cenderung membiarkan kata-kata saya berantakan di mana-mana, Sekarang saya mulai merapikan tulisan-tulisan saya tersebut agar bisa lebih tertata. Selain menciptakan tiga hobi baru, beberapa waktu yang lalu saya juga sudah menamatkan tiga novel saya, di mana dari dulu saya tidak pernah selesai dalam membuat novel, tetapi akhirnya pandemi membuat saya berhasil menyelesaikan karya.

Kembali lagi pada ke tiga hobi baru saya tadi, membuat konten, podcast, dan artikel adalah hobi yang sangat menguntungkan bagi saya. Selain bisa mengekpresikan perasaan, menginspirasi, dan menenangkan diri juga pembaca lewat kata-kata, dari ketiga hobi tersebut juga bisa menghasilkan pundi-pundi. Khususnya hobi membuat artikel di website Yoursay, pundi-pundi yang didapatkan bisa dibilang lumayan untuk mengisi tabungan yang sebelumnya kering kerontang. 

Membuat konten quote dan podcast juga tak kalah menyenangkan. Saya belajar banyak hal untuk mendalami ke dua hobi baru tersebut yakni, seni desain, keterampilan berbicara, keterampilan promosi, bersosialisasi, dan lain-lain. Tak disangka bahwa ternyata hobi menulis saya tadi bisa bercabang ke tiga hobi baru yang seru. Dari dahulu saya selalu berharap dan berkeinginan agar tulisan saya bisa menjadi penenang bagi raga yang sedang berjuang dan jiwa yang berusaha menemukan titik terang. Sehingga bisa memberikan inspirasi dan membawa kesan indah di hati. 

Walaupun saya masih pemula dalam mendalami ke tiga hobi tadi, tetapi saya selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Sebab dari dulu saya selalu berpegang ada prinsip, "Tak perlu menunggu jadi orang hebat dulu untuk bisa memberi manfaat, tetapi mulailah dengan memberi manfaat untuk bisa menjadi orang hebat."

Terus semangat berkarya untuk kita semua! Sebab dengan karya kita bisa abadi selamanya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak