facebook

New Normal Membantuku Menemukan Arti Kenyamanan dalam Menulis

Ruslan Abdul Munir
New Normal Membantuku Menemukan Arti Kenyamanan dalam Menulis
Ilustrasi Menulis Artikel. (Pexels/LifeOfFix)

Halo, ini adalah cerita keduaku tentang hobi baruku semenjak new normal ini. Hobi yang menurutku sangat bermanfaat bagiku khususnya untuk pengembangan diriku agar lebih baik ke depannya. Selain itu juga hobi ini sangat prospektif apabila terus menerus aku latih dan aku kembangkan ke depannya. Menulis artikel menjadi salah satu kebiasaan baru yang aku lakukan baru-bari ini. Sebenarnya banyak hal yang memotivasiku untuk berusaha menenkuni bidang ini sejak awal. 

Baiklah aku akan mulai dari awal. Menulis adalah salah satu hobiku semenjak aku duduk di bangku SMA. Permasalahan hidup yag terkadang aku tidak bisa bagikan lewat kata-kata aku utarakan lewat tulisanku dalam bentuk bait puisi maupun cerita pendek kala itu. Aku pun mulai mencoba peruntunganku dengan mengikuti beberapa perlombaan menulis puisi dan cerpen walaupun hasilnya terkadang tidak sesuai ekspektasi, namun ada beberapa yang memang menjadi kebanggan tersendiri bagiku atas keberhasilanku waktu itu. 

Di saat mulai memasuki bangku perkuliahan, aku semakin meninggalkan hobiku yang aku bangun sejak SMA itu. Mungkin karena beberapa kesibukanku hingga akhirnya aku tidak lagi rajin seperti dulu. Namun, kerap kali aku berpikir keras kerika aku ditanya "apa hobi kamu?"

Seketika aku bingung, ingin menjawab menulis aku sudah tidak lagi melakukannya dalam keseharianku. Lalu, aku berusaha merenungkan dan mulai mencari kembali beberapa perlombaan dan hal-hal lainnya yang berbau kepenulisan, sebab waktu itu aku berpikir hobiku ya menulis, dan aku tidak ingin lagi mengalami kebingungan ketika aku ditanya "apa hobi kamu?"

Hingga pada akhirnya aku menemukan salah satu platform menulis artikel yaitu Yoursay.id yang waktu itu tanpa pikir pajang akupun mulai mendaftar menjadi member dan mulai menulis artikel untuk aku kirimkan. Tepat pada tanggal 8 Mei 2020 di jam 13.00 WIB, aku menerima sebuah pesan melalui email yang berisi ucapan selamat bahwa akrikel yang aku kirimkan sudah dipublikasikan. Senang bukan main ketika aku mendapat pesan itu, yang membuat aku semakin termotivasi untuk terus berkarya menulis artikel berikutnya dengan harapan dapat dipublikasikan kembali.

Sayangnya, di tahun 2020, hanya dua artikel yang dapat aku tulis dan akhirnya terpublikasi. Tentu aku mengalami beberapa kesulitan dalam pembuatannya yang akhirnya aku tidak bertahan lama. Kebiasaanku menulis puisi atau cerita pendek, dihadapkan dengan artikel sedikit membuatku kaget serta perlu penyesuaian diri kembali. Perjuanganku mencoba mengarungi kejamnya dunia kepenulisan bersama Yoursay.id tidak berhenti di 2020. 

Pada tahun 2021, aku mencoba kembali mengasah kemampuanku dan berusaha memastikan bahwa hobi aku sebenarnya adalah menulis. Terbukti aku dapat mempublikasikan tiga artikel di tahun 2021. Tidak terlalu buruk dari yang awalnya dua kini bertambah menjadi tiga.

Tahun 2021 berlalu, dan aku masih belum menemukan rasa yang benar-benar membuatku yakin bahwa hobiku adalah menulis. Awal tahun 2022 kabar gembira aku temui ketika kembali membuka halaman beranda Yoursay.id yang ternyata telah jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Mataku langsung tertuju ke menu Redeem, yang ternyata kini dari koin yang kita kumpulkan ketika artikel kita terpublikasi dapat ditukarkan dengan uang. Lantas hal itu memuat aku semakin tertantang lagi untuk dapat menulis artikel. Hingga pada akhirnya satu per satu tulisan yang aku kirimkan setiap harinya ternyata dapat lolos kurasi dan terpublikasi. 

Aku berharap ini adalah awal yang baik bagiku untuk bisa terus konsisten dalam menulis. Terkadang memang harus ada yang memotivasi terlebih dahulu sehingga kita semangat dalam melakukan suatu hal. Namun, uang bukan lah tujuan untamanya. Aku menganggap ini adalah bonus dari kerja keras yang aku lakukan setiap harinya. Aku banyak belajar dari pengalamanku menemukan hobiku yang sebenarnya.

Proses yang aku alami, jatuh bangun dengan yang namanya bisa konsisten untuk menulis telah aku lalui. Kini aku mulai nyaman denganku yang sekarang, dengan hobi baruku di new noral ini. Emm bukan hobi baru sebetulnya tetapi hobi lama yang mungin bisa aku rasakan sekarang ini menjadi hobiku yang sebenarnya. 

Terakhir, ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya untuk Yoursay.id karena telah menjadi wadah bagi kami untuk menyalurkan hobi kami dalam bidang menulis. Khususnya membantuku menemukan arti kenyamananku dibidang kepenulisan, terutama di masa pandemi dan era new normal ini. Semoga bertambah sukses dan bisa menjadi platform nomor satu di hati kami semua.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak