facebook

5 Fakta Zinedine Zidane, Legenda Prancis yang Jarang Orang Ketahui

Calvin Vadero
5 Fakta Zinedine Zidane, Legenda Prancis yang Jarang Orang Ketahui
Zinedine Zidane (Instagram : zidane/calvin )

Zinedine Zidane adalah mantan pemain sepakbola profesional berkebangsaan Perancis yang bermain sebagai gelandang serang.  Dia merupakan salah satu legenda terhebat sepanjang masa, seorang playmaker handal yang terkenal karena kontrol bola, visi, umpan,  dan tekniknya yang sempurna dan luar biasa. Melihatnya mengolah bola di lapangan Zidane bak penari ketimbang seorang pemain.

Sentuhan pertamanya seolah sapuan sempurna diatas kanvas. Itulah mengapa banyak rekan seprofesi baik pemain maupun kalangan pelatih yang mengidolakan sosoknya.  Seorang playmaker yang membawa Perancis menjuarai Piala dunia 1998,  

Inilah 5 fakta menarik dari seorang Zinedine Zidane:

1. Besar di lingkungan yang keras

Mantan pemain real madrid ini memiliki nama asli Zinedine Yazid Zidane. Zidane lahir pada 23 Juni 1972 di kota Marseile, Perancis. dia lahir dari pasangan Ismail dan Malika Zidane. Zidane tumbuh di kawasan La Castellane, sebuah kota pelabuhan di selatan Perancis yang ramai akan kejahatan.

Selain kejahatan, tingkat bunuh diri terutama bagi para pendatang juga tergolong sangat tinggi keluarga Zidane termasuk biasa-biasa saja.  Ayahnya adalah seorang imigran asal Aljazair yang berprofesi sebagai seorang petugas keamanan shift malam di sebuah pusat perbelanjaan sementara ibunya hanya seorang ibu rumah tangga

2. Orangtuanya adalah imigran

Semua berawal dari tahun 1953. Disadur dari realmadrid.com, setelah orang tua Zidane memutuskan untuk pindah dari wilayah Aljazair menuju ke Perancis beberapa tahun setelah kepindahannya terjadi perang di Algeria. Keluarga mereka pindah ke wilayah Saint-Denis di Perancis dan bertahan hingga tahun 1960.

Di tahun 1960 mereka pindah ke wilayah Lacoste Line Marcey wilayah tersebut kental dengan aroma daerah yang marginal tingkat pengangguran dan kriminalitas di wilayah tersebut cukup tinggi pada masanya mungkin ini adalah salah satu yang membuat mental Zidane terasa.

3. Memiliki sikap keras kepala

Bakat bermain bola Zidane sudah kelihatan sejak usia lima tahun terbukti di usianya yang ke-10  dan sudah bergabung dengan tim sepakbola Junior J Castelline. Akan tetapi keinginan Zidane untuk bermain sepakbola saat itu terkendala dengan sekolah dan juga izin dari orang tuanya.

Zidane yang keras kepala tetap bermain sepakbola dan bahkan membangkang perintah orang tuanya. Sikap Zidane yang keras akhirnya perlahan membuat kedua orangtuanya memberi dukungan kepadanya untuk berkarir di dunia sepakbola.

Dalam perjalanan karirnya sebagai seorang pesepakbola Jidan cukup lama berkarir di level Junior. Dia memulai karir Junior sejak 1981 hingga 1989 dengan memperkuat empat tim berbeda sebelum akhirnya klub cannes menjadi klub profesional pertamanya pada  1990-1992.  

4. Lahir di Marseille, tapi tidak pernah bermain di klub Olimpique Marseille

Meskipun lahir di Marseille pemain yang akrab disapa Zizou ini belum pernah bermain untuk Olympique Marseille. Perjalanan dimulai pada usia 14 tahun. Disadur dari greatperformersacademy.com,  bakat anak imigran Aljazair ini ditemukan oleh seorang pencari bakat dan membawanya ke Academy AS Cannes.

Kemudian Zidane naik ke tim utama pada musim 1989-1990 dan bermain selama tiga musim bersama klub Prancis itu hingga akhirnya pindah ke Bordeaux pada tahun 1992 dengan nilai transfer 7 juta euro bersama klub kasta tertinggi sepakbola Prancis itu Zidane menghabiskan empat musim. Walaupun tidak memberikan gelar juara Liga bersama Bordeaux Zidane mampu meraih gelar pemain terbaik Liga Prancis musim 1995-1996.

5. Pemecah rekor biaya transfer

Ketika seorang pemain memiliki bakat yang baik, klub kelas dunia akan melakukan segala hal agar dia bermain untuk tim mereka. Pada tahun 2001, Zidane pindah ke Real Madrid dari Juventus. Kepindahan itu diharapkan terjadi, tetapi yang mungkin mengejutkan banyak orang adalah biaya transfernya. Biaya transfer sekitar $81 juta, adalah rekor tertinggi pada saat itu.

Itulah beberapa fakta menarik dari seorang legenda  Zinedine Zidane. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak