facebook

4 Benda Ini Bisa Kamu Jadikan Pembatas Buku, Tertarik Mencoba yang Mana?

Rizky Melinda Sari
4 Benda Ini Bisa Kamu Jadikan Pembatas Buku, Tertarik Mencoba yang Mana?
Ilustrasi pembatas buku (pexels)

Bagi para pencinta buku, keberadaan bookmark atau pembatas buku merupakan hal yang sangat penting. Tanpa keberadaan benda satu ini, kita akan kesusahan menemukan halaman buku yang terakhir dibaca.

Apalagi jika kamu adalah tipe pembaca yang sangat menjaga kerapian buku. Pasti kamu tidak akan rela melipat buku meskipun hanya ujungnya untuk menandai sudah membaca sampai halaman mana. 

Sayangnya, tidak semua buku menyertakan pembatas buku. Namun, tidak perlu khawatir karena kamu bisa memanfaatkan barang-barang yang ada di sekitar untuk dijadikan pembatas buku.

Berikut ini adalah beberapa barang di sekitar yang bisa kamu jadikan pembatas buku.

1. Struk belanja

Siapa yang sering membuang struk belanja setelah bertransaksi? Padahal, benda ini bisa kamu manfaatkan sebagai pembatas buku. Dengan memakai struk belanja sebagai pembatas buku, kamu juga ikut berpartisipasi mengurangi sampah kertas.

Kamu juga bisa menggambarinya sesuai selera kamu. Dengan demikian, kreativitas kamu juga akan terasah.

2. Hangtag baju atau label baju

Belakangan ini, hangtag baju atau label baju memiliki motif atau bentuk yang unik dan estetik. Kamu bisa memanfaatkan hangtag baju atau label baju ini sebagai pembatas buku. Kamu juga bisa menambahkan hiasan sesuai selera kamu. 

3. Sticky notes

Tidak usah pusing memikirkan barang apa yang harus dijadikan pembatas buku. Setidaknya, kamu pasti punya sticky notes terutama jika kamu seorang pelajar. Selain menandai sudah membaca sampai halaman mana, kamu juga bisa memakai sticky notes untuk menandai kutipan atau kata-kata favorit kamu.

4. Daun atau bunga kering

Jika di sekitar rumah ada daun-daun atau bunga kering yang estetik, kamu bisa memanfaatkannya menjadi pembatas buku. Namun, jika kamu menggunakan daun atau bunga kering ini, kamu harus mengeluarkan usaha dan biaya ekstra karena harus dibuat sedemikian rupa, salah satunya harus dilaminating.

Itulah 4 benda di sekitar yang bisa kamu jadikan pembatas buku. Manfaatkan barang-barang yang ada di sekitar agar menjadi sesuatu yang berguna sembari mengasah kreativitas. Selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak