facebook

5 Tips Sederhana agar Hasil Foto Terlihat Lebih Profesional, Terapkan Sekarang!

Mohamad Ismail
5 Tips Sederhana agar Hasil Foto Terlihat Lebih Profesional, Terapkan Sekarang!
Ilustrasi Fotografi. (Pexels/Andre)

Fotografi adalah sebuah aktivitas yang terus diminati masyarakat hingga saat ini. Apalagi di zaman sekarang, fotografi sudah sangat mudah kita lakukan karena hampir semua gawai yang kita pakai sehari-hari telah memiliki fitur kamera.

Menangkap foto yang profesional tentulah bukan sembarang jepret, melainkan butuh ketelitian mendalam saat pengambilan gambar. Sebuah foto yang bagus tidak hanya diukur dari seberapa canggih atau mahal perangkat kamera yang digunakan, bahkan kamera ponsel pun sekarang sudah banyak yang canggih.

Tidak ada batasan dalam penilaian foto yang bagus atau tidak karena semua kembali ke selera masing-masing orang. Namun, untuk membuat foto terlihat profesional, berikut beberapa tips sederhana yang bisa kamu terapkan saat memotret.

1. Pilihlah objek yang menarik

Sebelum melangkah lebih jauh, untuk mendapatkan sebuah foto yang menarik tentu terlebih dahulu harus kita tentukan objek apa yang hendak kamu potret. Agar foto kita terlihat lebih profesional, pilihlah objek-objek yang terlihat menarik dilihat oleh mata. Kamu bisa potret apa saja yang ada di sekitar seperti pemandangan, benda-benda, orang, hewan, tumbuhan, makanan, dan lain sebagainya.

2. Tangkap cahaya sebaik mungkin

Dalam dunia fotografi, cahaya merupakan aspek terpenting dalam komposisi foto. Bagaimana tidak, foto yang bagus tentu akan terlihat pas saat pencahayaan yang diberikan sesuai (tidak terlalu gelap maupun terang). 

Untuk menyesuaikan pencahayaan, kamu dapat mengatur tata letak objek sesuai dengan datangnya cahaya. Setelah mendapat cahaya yang cukup, kamu juga bisa mengatur banyak sedikitnya cahaya yang masuk kamera jika menggunakan kamera profesional seperti DSLR dan mirrorless. Tangkapan cahaya yang sesuai porsinya akan membuat foto jauh lebih hidup dan nyaman saat dinikmati.

3. Posisikan objek dalam titik fokus

Dalam fotografi, meletakkan objek tidak bisa sembarangan. Mengapa demikian? bayangkan saja jika objek yang kamu pilih sudah menarik perhatian, tetapi penikmat foto menjadi kesulitan karena peletakan objek yang tidak beraturan. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa gunakan garis bantu yang ada pada kamera.

Kamu juga bisa fokuskan bidikan pada objek yang kamu mau saja, misal dengan meletakan objek di tengah-tengah foto.

4. Atur seberapa banyak objek yang masuk

Setelah mengatur letak fokus, selanjutnya adalah tentukan seberapa banyak objek yang akan kamu masukan ke dalam foto. Hal ini bertujuan untuk membuat penikmat foto hanya tertuju pada apa yang sebenarnya menjadi fokus foto. 

Jika kamu ingin membuat suasana keramaian, maka masukan lebih banyak objek foto. Sebaliknya jika ingin mendapatkan foto yang terfokus pada satu objek, kamu bisa gunakan efek Bokeh atau background polos agar objek tampak lebih menonjol.

5. Berikan gaya digital yang sesuai

Sentuhan pengaturan juga sangat penting dilakukan untuk saat ini, di mana kamu bisa mengatur warna dan lain-lain. Meskipun hal ini tidak wajib, tetapi untuk kamu yang suka mengubah pewarnaan dalam foto seperti mengubah kontras, saturasi, dan sebagainya, kamu tetap harus memperhatikan kesesuaian antara gaya yang diberikan dengan konsep foto kamu. Misal jika memotret hewan kamu bisa berikan nuansa foto yang segar dengan lebih menguatkan elemen hijau dalam foto.

Hal semacam ini sudah sangat mudah dilakukan saat ini. Kamu bisa gunakan Photoshop atau Lightroom untuk mempercantik hasil tangkapan kamera.

Itulah tadi tips sederhana yang bisa kamu terapkan dalam memotret. Kamu juga bisa menambahkan variasi unik dalam foto agar terlihat lebih menarik saat dipandang.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak