facebook

5 Tips Fotografi Ponsel Terbaik yang Wajib Kamu Coba, Cocok untuk Pemula!

Mohamad Ismail
5 Tips Fotografi Ponsel Terbaik yang Wajib Kamu Coba, Cocok untuk Pemula!
Ilustrasi ponsel fotografi. (Shutterstock).

Belajar fotografi secara autodidak saat ini bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Tak perlu menunggu harus memiliki kamera DSLR atau mirrorless, menggunakan kamera ponsel dengan resolusi yang tinggi juga sudah sangat mendukung untuk kamu yang hobi fotografi.

Di tahap pemula, fotografi menggunakan ponsel akan jauh lebih mudah karena tools yang disuguhkan jauh lebih simpel. Meski demikian, hasil jepretan kamera ponsel tak kalah jauh baiknya jika diambil dengan teliti dan memahami teknik dasar fotografi.

Fotografi menggunakan ponsel juga akan memudahkan kamu saat ingin cepat mengunggahnya ke media sosial. Namun sebelum membahas teknik menghasilkan foto terbaik, kamu harus mengetahui terlebih dahulu spesifikasi kamera ponsel yang akan kamu gunakan.

Namun tenang saja, karena hampir semua ponsel terbaru sudah mendukung fitur-fitur dasar fotografi yang mumpuni. Berikut lima tips dan teknik dasar fotografi untuk menghasilkan foto terbaik melalui kamera ponsel.

1. Aktifkan kamera dalam mode fokus atau potret

Langkah pertama yang harus kamu lakukan saat ingin mendapatkan foto terbaik lewat kamera ponsel adalah mengaktifkan mode fokus atau potret pada kamera. Mode ini akan sangat membantu kamu dalam membidik objek yang hendak kamu foto. 

Cara mengaktifkan mode ini cukup mudah, untuk mode fokus kamu bisa arahkan kamera pada objek tertentu yang hendak kamu foto. Selanjutnya, tekan layar tepat di objek yang akan kamu bidik, maka secara otomatis kamera akan fokus pada objek tersebut.

Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu juga bisa aktifkan mode potret pada kamera. Caranya juga cukup mudah yaitu dengan menekan jenis mode yang biasanya terletak di atas tombol capture.

2. Gunakan fitur HDR (High Dynamic Rane)

Agar foto tampak lebih jelas, jangan lupa untuk mengaktifkan fitur HDR pada kamera ponsel. Fitur ini akan sangat berguna dalam menyeimbangkan antara shadow dan highlight yang ditangkap kamera. Hasilnya, foto akan tampak lebih jernih dan jelas saat setelah dipotret. Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu bisa menekan HDR yang biasanya terletak di atas tampilan kamera pada ponsel.

3. Aktifkan fitur garis pembantu (grid lines)

Langkah berikut yang harus kamu lakukan untuk mendapatkan foto terbaik lewat kamera ponsel, yakni perhatikan fitur garis. Aktifkan fitur garis pembantu (grid lines) pada ponsel agar hasil foto tampak lebih simetris, kamu dapat mengaktifkan fitur garis pembantu atau grid lines pada kamera.

Garis pembantu ini juga bisa kamu manfaatkan sebagai garis bantu untuk menerapkan teknik rule of third, yaitu untuk mendapatkan foto yang maksimal, seorang fotografer dapat menempatkan objek sesuai garis bantu. 

Menggunakan fitur ini juga akan membuat hasil foto tampak lebih seimbang karena meletakkan objek tepat pada fokus pengamat. Sehingga pengamat foto dapat lebih mudah mengetahui makna yang ingin disampaikan melalui foto tersebut.

4. Atur eksposur secara manual

Banyaknya cahaya yang masuk atau eksposur juga akan sangat mempengaruhi kualitas bidikan kamera ponsel kamu. Kamu bisa dengan mudah menyesuaikan pencahayaan yang masuk hanya dengan memfokuskan kamera pada objek, lalu tekan layar maka secara otomatis eksposur akan disesuaikan.

Kamu juga bisa mengaturnya secara manual dengan cara ketuk layar. Saat kamu melihat lensa kembali memfokuskan, kamu akan melihat ikon matahari yang sangat kecil dengan skala vertikal. Geser perlahan jari Anda ke atas dan ke bawah untuk menyesuaikan tingkat cahaya yang masuk.

5. Ambil foto dari angle yang berbeda-beda

Posisi pengambilan gambar atau yang biasa disebut dengan angle akan sangat berpengaruh dalam foto yang dihasilkan pada kamera ponsel. Mengapa demikian, karena perbedaan posisi pengambilan juga akan membuat kesan foto yang dihasilkan berbeda pula. 

Agar hasil foto yang dihasilkan tidak terkesan monoton, kamu bisa ubah angle pengambilan gambar dari berbagai sisi. Semakin bervariasi angle yang kamu pilih, semakin mudah pula kamu menentukan foto mana yang terbaik untuk diposting dari ponselmu.

Itulah lima tips dan teknik fotografi dasar yang bisa kamu terapkan saat memotret menggunakan kamera ponsel. Perlu diingat, kunci keberhasilan dalam dunia fotografi adalah keberanian untuk mencoba terus menerus. Tak harus dengan tools mahal, karena foto yang bermakna bisa didapatkan dengan kamera apa saja, termasuk ponsel.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak