facebook

7 Tips Merawat Aglonema dengan Benar, Agar Tumbuh Subur

Zulfah Ariyani
7 Tips Merawat Aglonema dengan Benar, Agar Tumbuh Subur
Aglonema. (Pexels/Tiia Pakk)

Dalam beberapa tahun terakhir, aglonema jadi salah satu tanaman hias favorit banyak orang. Dilansir dari Planet House Plants, aglonema banyak ditemukan di area hutan hujan Asia Tenggara seperti di Thailand, Indonesia, dan Malaysia. Nama aglonema sendiri berasal dari bahasa Yunani Kuno yang berarti "tanaman mengilap". Di Indonesia, tanaman satu ini dikenal dengan nama "sri rejeki".

Pada dasarnya, merawat aglonema bukanlah hal yang sulit. Namun, agar pertumbuhan maksimal, kamu bisa ikuti tips merawat aglonema berikut.

1. Jauhkan Dari Sinar Matahari Langsung

Sinar matahari yang cukup merupakan kunci keberhasilan merawat aglonema. Paparan sinar matahari secara langsung akan membuat warna daun jadi kuning dan layu. Namun, ada banyak varietas aglonema dengan karakter yang berbeda satu sama lain. Beberapa varietas aglonema, seperti Aglaonema suzy, cocok hidup di tempat terang untuk memaksimalkan warna daun.

2. Hindari Suhu Terlalu Dingin

Dilansir dari Plant Care Today, aglonema tak mampu bertahan hidup di suhu udara rendah atau di bawah 16 derajat Celcius. Menghindari suhu terlalu dingin merupakan salah satu tips merawat aglonema agar tumbuh subur. Usahakan juga agar aglonema mendapatkan kelembapan udara yang tepat.

3. Jangan Terlalu Sering Disiram

Kamu tak perlu menyiram aglonema setiap hari. Cukup menyiramnya 2-3 kali dalam seminggu. Pastikan juga nutrisi dan cairannya cukup selama musim kering. Namun, jika musim penghujan, kamu perlu mengurangi asupan cairannya. Kamu hanya perlu menyiram aglonema sebanyak 1-2 kali dalam seminggu.

4. Atur Kelembapan Tanaman

Aglonema merupakan jenis tanaman yang membutuhkan kelembapan udara yang tepat. Jika terlalu kering akan membuat aglonema tidak segar. Sementara jika terlalu basah, maka akar tanaman aglonema akan membusuk. Kamu bisa menaruh kerikil di permukaan tanah untuk menjaga kelembapan.

5. Beri Pupuk

Pupuk sama halnya vitamin bagi tanaman. Kamu perlu memastikan kebutuhan vitamin aglonema tercukupi. Kamu bisa gunakan pupuk alami seperti pupuk kompos untuk aglonema. Namun, jangam memberikan pupuk berlebih karena akan menganggu proses pertumbuhannya.

6. Gunakan Tanah Organik

Tanah organik sangat direkomendasikan untuk jenis tanaman aglonema. Tanah organik dapat membuat aglonema tumbuh dengan subur dan sehat. Kamu bisa rutin melakukan pengecekan terhadap kualitas tanah. Jika tanah mulai terlihat menggumpal, kering atau terlalu basah, gantilah dengan tanah yang baru.

7. Rutin Basmi Hama

Kamu perlu memastikan kondisi daun dan batang aglonema terbebas dari hama. Karena hama dapat merusak tanaman aglonema. Semprotkan sedikit pestisida untuk membasmi hama yang bisa merusak aglonema.

Itulah tips merawat aglonema agar tumbuh subur dan maksimal, selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak