facebook

5 Cara Ini Akan Membantumu Meningkatkan Mood saat Menulis Artikel, Pemula Wajib Tahu!

Dwimar Turmidzi
5 Cara Ini Akan Membantumu Meningkatkan Mood saat Menulis Artikel, Pemula Wajib Tahu!
Ilustrasi Menulis Artikel. (pexels/MoosePhotos)

Di era digital seperti sekarang ini banyak sekali platform media online yang menjadi wadah penulis lepas untuk menuangkan aspirasinya. Kita bisa berselancar di internet platform mana saja yang bisa jadi tempat kita untuk menulis, terutama artikel berbentuk listicle. 

Meluangkan waktu sejenak untuk menulis bisa meningkatkan daya kreativitas kita sehari-hari. Untuk itu, kita perlu mood atau rasa semangat untuk menyusun rangkaian kata yang bisa dijadikan sebuah artikel. 

Berikut 5 cara meningkatkan mood saat menulis artikel. Simak baik-baik artikel ini, ya!

1. Buat agenda rutin harian

Membuat agenda rutin harian di buku sangat penting untuk meningkatkan kedisiplinan kita dalam meningkatkan mood saat ingin menukis artikel. Jika kita tahu apa yang akan kita lakukan hari ini dan seterusnya, hal itu akan membuat kita merasa tidak bersalah dengan waktu.

 Untuk itu, menjadi seorang penulis artikel media perlu sekali membuat agenda harian agar tetap konsisten menulis.

2. Rutin menulis minimal 1 artikel per hari

Kita mungkin selama ini belum memiliki target menulis artikel per harinya. Alan tetapi jika kita penulis pemula, kita wajib membuat artikel minimal 1 artikel dalam setiap harinya.

Ketika kita sudah merasa nyaman menulis 1 artikel per hari, bisa kita tingkatkan lagi agar tidak pernah ada rasa malas untuk menulis. Dengan terbiasa, maka mood menulis artikel akan bisa muncul menjadi sebuah kebiasaan dalam keseharian.

3. Diselingi kegiatan lain setelah menulis artikel untuk melanjutkan artikel berikutnya

Kita pastinya akan merasa bosan dan jenuh jika terpacu hanya di satu kegiatan, termasuk dalam menulis. Untuk itu kita perlu selingan kegiatan lain, agar rasa bosan dan jenuh dalam menulis dapat terhindarkan seperti menyiram tanaman, membersihkan rumah, dan kegiatan lain yang bisa meningkatkan mood menulis artikelmu kembali.

4. Mencari referensi artikel dari penulis lain

Ini mungkin bukan cara meningkatkan mood, tetapi mencari referensi artikel dari penulis lain bisa membuat wawasan dan daya pikir kita akan meningkat, dan juga menghindarkan dari stuck ide. Jadi, kita juga perlu membaca artikel dari penulis lain untuk meningkatkan mood menulis artikelmu lagi, ya!

5. Olahraga

Olahraga menjadi salah satu kegiatan yang dibutuhkan semua orang, termasuk juga penulis. Bagaimana tidak, ketika kita rutin berolahraga minimal 2 kali dalam seminggu, itu dapat meningkatkan hormon endorfin yang bisa mempengaruhi mood kita dalam kegiatan apa pun.

Itulah tadi 5 cara meningkatkan mood kita dalam menulis artikel. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk seluruh penulis, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak